Show simple item record

dc.contributor.authorIlahi, Fiqih Nasru
dc.date.accessioned2022-08-23T03:32:39Z
dc.date.available2022-08-23T03:32:39Z
dc.date.issued2022-06-13
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1623
dc.description.abstractABSTRAK Fiqih Nasru Ilahi, 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VII MTs Darul Ihsan Samarinda). Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam, Faktultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbingan oleh Drs. Khairul Saleh, M.Ag sebagai pembimbing I dan Anggie Nadia Dinihari, M.Pd sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah salah satu dampak buruk dari pandemic covid-19 yang mengakibatkan menurunnya kemampuan berpikir kritis siswa dan dalam hal ini guru memiliki peran penting dalam penyelenggaraan pembelajaran, terutama dalam pemilihan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VII MTs Darul Ihsan Samarinda Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment dengan pendekatan one group pre-test post-test design. Tempat penelitian yaitu MTs Darul Ihsan Samarinda. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian tes berupa test essay dengan dibantu dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil uji dengan Wilcoxon Ranks Test bahwa nilai Asymp. Sig yaitu sebesar 0,000 dimana Asymp. Sig < Sig α (0,05). Sehingga hipotesis pada penelitian ini diterima, yaitu ada pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII MTs Darul Ihsan Samarinda. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis pre test dengan nilai rata-rata sebesar 56,795 dan post test dengan nilai rata-rata 68,105. Terdapat selisih antara pre test - post test (56,795 – 68,105) sebesar 11,310. Dimana nilai post test kemampuan berpikir kritis pada siswa lebih tinggi dari pada nilai pre test.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VII MTs Darul Ihsan Samarinda)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record