Kemampuan Membaca Siswa MTs Sabilarrasyad Sangsanga Kutai Kartanegara
Abstract
ABSTRAK
Kurnia Nur, 2022. Kemampuan Membaca Siswa MTs Sabilarrasyad Sangsanga Kutai Kartanegara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda,” Penelitian ini dibimbing oleh M. Said Husin, MA dan H. Susanto, Lc.MPd.I.
Madrasah Tsanawiyah selain memberikan pengajaran yang berhubungan dengan ilmu-ilmu umum yang ditampilkan di Madrasah Tsanawiyah memberikan pengajaran ilmu-ilmu agama yang lebih mendalam dari pada di SMP, salah satunya adalah mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadist. Khususnya di dalam membaca Al-Qur’an. Pada MTS Sabilarrasyad peneliti menemukan tidak semua siswa mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid, bahkan masih ada siswa yang belum mampu membaca Al-Qur’an secara lancar atau bisa disebut dengan membaca secara terbata-bata. Sehingga hal tersebutlah yang melatar belakangi peneliti mengambil penelitian ini, yang ditujuankan untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dan faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan membaca siswa di MTs Sabilarrasyad Sangasanga Kutai Kartanegara.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh dengan wawancara kepala sekolah, dewan guru dan peserta didik, observasi pembelajaran, dan dokumentasi. penyajian data, verivikasi, keabsahan data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data digunakan yaitu Uji Kredibilitas, Tringulasi Sumber, Tringulasi Metode, dan Tringulasi Teori.
Hasil Penelitian dari peneitian ini tentang bacaan tajwid siswa di MTs Sabilarrasyad Sangasanga, sebagaimana dibuktikan oleh siswa yang mampu untuk membaca Al-Qur'an sesuai dengan kelancaran tajwid dan makhrojul huruf, termasuk dengan membaca dengan menggunakan hukum bacaan mampu melantunkan dengan baik dan lancar membaca dalam Al-Qur'an.