Show simple item record

dc.contributor.authorWati, Kurnia
dc.date.accessioned2022-08-25T03:37:26Z
dc.date.available2022-08-25T03:37:26Z
dc.date.issued2022-07-18
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1639
dc.description.abstractABSTRAK Kurnia Wati, 2022. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membetuk Karakter Siswa di SMP Negeri 1 Sangasanga Kutai Kartanegara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda,” Penelitian ini dibimbing oleh Iwan Abdi, M.Si dan Indriana Rahmawati, M.Pd. Latar Belakang penelitian ini diketahui bahwasanya etika siswa terhadap guru di antaranya dalam cara siswa berbicara dengan pendidik atau orang tua di antaranya adalah dianggap kasar, seperti etika berbahasa yang tidak sopan., sekolah berusaha membantu siswa dalam mengadopsi perilaku etis dan moral yang sesuai, khususnya terhadap guru, dengan menyediakan layanan bimbingan. Saat ini, banyak anak muda di kota-kota besar, terdapat kebebasan atau bertentangan dengan norma-norma sosial. Di atas seperti acara komunitas, baik disengaja atau tidak, metode ini masih diterapkan dalam kegiatan akademik maupun di luar jam sekolah yang dapat diterapkan siswa baik di rumah maupun di lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan agama Islam dan faktor apa saja yang mempenngaruhi dalam Membentuk Karakter Siswa di SMP Negeri I Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh dengan wawancara kepala sekolah, dewan guru dan peserta didik, observasi pembelajaran, dan dokumentasi. penyajian data, verivikasi, keabsahan data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data digunakan yaitu Kondensasi Data, Tringulasi Sumber, Tringulasi Metode, dan Tringulasi Teori. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membetuk Karakter Siswa di SMP Negeri 1 Sangasanga Kutai Kartanegara dengan cara menanamkan nilai moral berupa materi dan praktek sehari-hari yang ditujuankan sebagai pembiasaan terhadap peserta didik Penanaman materi yang digunakan berupa praktek dalam hal beribadah praktek dengan cara menjalankan program kepada siswa untuk beribadah seperti sholat berjamaah, mengaji, mengikuti kegiatan habsyi, bersedekah membaca doa sebelum dan sesudah belajar dan mengucapkan salam. Hal ini menjadi pembiasan menyelesaikan kualitas ketat untuk hidup secara sosial di area publik.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPeran, Guru, Pendidikan Agama Islam, Karakter Siswaen_US
dc.titlePeran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membetuk Karakter Siswa di SMP Negeri 1 Sangasanga Kutai Kartanegaraen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record