Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 8 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nurul Arifin, 2022 “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 8 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Prof. Dr. Siti Muriah, M.Pd selaku pembimbing I dan Abdul Basith, M.Pd selaku pembimbing II.
Pada saat ini kompetensi pedagogik sangatlah penting. Karena, dimana saat ini pembelajaran tatap muka dibuka kembali dengan keadaan peserta didik yang terbiasa dengan pembelajaran daring, yang mana jelas terlihat perbandingannya dimana seorang pendidik harus berusaha keras untuk membuat peserta didik tetap tertarik dengan setiap materi yang ada, dimana peserta didik selama 2 tahun dibiasakan belajar menggunakan gadget. Yang mana didalam gadget pun isinya bermacam-macam. Saat pembelajaran tatap muka dimulai kembali disitulah kompetensi pedagogik seorang pendidik diuji dan dibutuhkan untuk mencapai sebuah hasil pembelajaran yang memuasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 8 Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode pengumpulan data kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, kuisioner dan dokumentasi. Adapun jumlah popolasi penelitian ini seluruh kelas VIII dengan jumlah peserta didik yang ber-Agama Islam sebanyak 335 dengan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 183. Peneliti menentukan sampel dengan teknik Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji keabsahan data. Uji asumsi klasik, uji analisis regresi sederhana, uji hipotesis dan koefisien determinasi (R2) dengan alat bantu pengolahan data SPSS 21.
Hasil penelitian dari uji t menunjukkan bahwa kompetensi pedagogic berpengaruh besar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 8 Samarinda. Hal ini berdasarkan nilai sig sebesar 0,000 kurang dari 0,05 dan nilai thitung adalah sebesar 31,822 lebih dari nilai ttabel yakni 1,973 dan nilai hasil uji koefisien determinasi (R2) pada tabel R Square sebesar 0,848 menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh sebesar 84,4% terhadap variabel dependen sedangkan sisanya 15,6% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.