Aktivitas Pembelajaran Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 8 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Putri Siti Masitah, 2022. “Aktivitas Pembelajaran Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 8 Samarinda”. Skripisi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Rusdi, S.Ag., M.SI., selaku pembimbing 1 dan Rega Armella, M.Pd., selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini ialah terjadinya kejenuhan belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam proses belajar mengajar guru di SMP Negeri 8 Samarinda, dikarenakan pada saat guru menerangkan materi pembelajaran pendidikan agama Islam terbilang kurang bervariasi serta monoton dan itu membuat peserta didik merasa jenuh dalam belajar. Oleh karena itu perlu adanya aktivitas pembelajaran guru dalam mengatasi kejenuhan belajar yang dialami oleh peserta didik sehingga peserta didik tidak mengalami kejenuhan kembali. Tujuan penelitian ini ialah aktivitas pembelajaran guru dalam mengatasi kejenuhan belajar pendidikan agama Islam yang dialami oleh peserta didik.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif. Kualitatif yaitu prosedur yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari perilaku dan orang-orang yang diamati. Sumber data dalam penelitian ialah kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik di SMP Negeri 8 Samarinda. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi secara langsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa aktivitas pembelajaran guru yang dilakukan ialah guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran agar tercapainya tujuan pembelajaran, setelah itu guru menginformasikan, menggambarkan serta menjelaskan model pembelajaran apa yang akan digunakan dan selanjutnya guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik. Aktivitas pembelajaran guru dalam mengatasi kejenuhan belajar pendidikan agama Islam pada peserta didik ialah dengan cara menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, menciptakan suasana baru saat pembelajaran, menggunakan media saat pembelajaran, meningkatkan motivasi belajar, dan memberikan humor disela-sela pembelajaran.