Show simple item record

dc.contributor.authorHikmah, Aulia Nur
dc.date.accessioned2022-08-25T07:20:45Z
dc.date.available2022-08-25T07:20:45Z
dc.date.issued2022-06-14
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1643
dc.description.abstractABSTRAK Aulia Nur Hikmah. 2022. “Analisis Aspek Perkembangan Anak pada Kegiatan Shalat Dhuha di TK Islam Al-Azhar 5 Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Robingatin, M.Ag dan Bapak Wildan Saugi,M.Pd. Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan seluruh aspek perkembangan anak. Pengembangan aspek-aspek perkembangan anak dengan melaksanakan kegiatan pembiasaan. Kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan di TK Islam Al-Azhar 5 Samarinda salah satunya adalah kegiatan shalat dhuha. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bagaimana aspek perkembangan anak pada kegiatan shalat dhuha di TK Islam Al-Azhar 5 Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode pendekatan deskritif kualitatif. Lokasi penelitian ini di TK Islam Al-Azhar 5 Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu kepala sekolah, guru/pendidik, peserta didik serta dokumentasi sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian analisis aspek perkembangan anak pada kegiatan shalat dhuha berkembang dengan baik. Pertama, perkembangan fisik motoric berkembang dengan anak mampu bergerak dengan terkoordinasi pada gerakan shalat dhuha. Kedua, perkembangan bahasa anak berkembang dengan anak mampu mengungkapkan bahasa reseptif dengan mengikuti arahan guru dan mengungkapkan Bahasa ekspresif dengan membaca bacaan shalat. Ketiga, perkembangan sosial emosional berkembangan dengan kemampuan anak bertanggungjawab menyelesaikan kegiatan shalat dhuha hingga tuntas dan mengikuti aturan shalat dengan benar. Keempat, perkembangan nilai agama dan moral berkembang yaitu mampu mengenal agama yang dianutnya yaitu Islam dan mengenal Allah sebagai Tuhannya melalui nama-nama Allah yang Indah yaitu Asmaul Husna, melaksanakan ibadah yaitu ibadah shalat baik yang wajib maupun yang sunnah seperti shalat dhuha, dan membaca doadoa seperti doa wudhu dan doa setelah shalat. Kelima, perkembangan kognitif berkembang dengan anak mampu memahami konsep shalat dhuha.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectAnalisis, Aspek, Perkembangan Anak, Shalat Dhuhaen_US
dc.titleAnalisis Aspek Perkembangan Anak pada Kegiatan Shalat Dhuha di TK Islam Al-Azhar 5 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record