dc.description.abstract | ABSTRAK
Damayanty, 2022, “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animaker Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Loa Kulu”. Skripsi program studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Suratman, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Agus Setiawan, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang jenuh dan merasa bosan selama pembelajaran online. Karena kebanyakan guru hanya memberikan tugas tanpa penjelasan (diakibatkan oleh jarak). Sehingga, salah satu guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mengambil satu langkah yaitu dengan membuat media pembelajaran yang menarik dan mudah diakses, yaitu video animasi yang dibuat menggunakan webtools animaker. Yang mana media pembelajaran ini bisa digunakan secara efektif ketika keterbatasan jarak antara pendidik dan peserta didik. Diketahui, penggunaan media audio visual animaker dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh signifikan penggunaan media audio visual animaker terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Siswa di SMP Negeri 2 Loa Kulu.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan populasi sebanyak 264 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proportioned stratified random sampling sebanyak 157 siswa. Setiap kelas diambil perwakilan yaitu untuk kelas VII A 19 siswa, VII B 19 siswa, VII C 19 Siswa, IX A 17 siswa, IX B 19 siswa, IX C 19 siswa, IX D 18 siswa, IX E 14 siswa dan IX F 13 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan persamaan regresi linier yang diolah menggunakan program IBM SPSS Statistic.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa tidak ada pengaruh signifikan penggunaan media audio visual animaker terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa di SMP Negeri 2 Loa Kulu. Karena nilai R sebesar 0,235, sesuai dengan skala interpretasi, angka tersebut berada pada tingkat pengaruh rendah. Selanjutnya pada pengujian hipotesis dengan signifikansi 5% dan degree of freedom 156 diperoleh nilai thitung Sebesar -3.012 < 1,65468 ttabel. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho Penelitian ini diterima, yaitu tidak ada pengaruh signifikan penggunaan media audio visual animaker terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Loa Kulu. | en_US |