Pengaruh Penggunaan Media AutoPlay Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Loa Janan Kutai Kartanegara
Abstract
ABSTRAK
Dewi Sri, 2022, “Pengaruh Penggunaan Media AutoPlay Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Loa Janan Kutai Kartanegara”. Skripsi program studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Gianto, M.Pd.I selaku pembimbing I dan Indriana Rahmawati M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya siswa yang kurang fokus dan sulit menerima materi pelajaran. Karena sebagian besar guru hanya menggunakan metode pembelajaran dengan berceramah hal itu membuat siswa merasa bosan karena monoton. Menyikapi masalah tersebut, salah satu guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti memiliki inisiatif membuat media pembelajaran yang menarik dan mudah diakses, yaitu video animasi yang dibuat menggunakan aplikasi AutoPlay. Media pembelajaran tersebut bisa digunakan secara efektif walaupun terjadi keterbatasan jarak antara pendidik dan peserta didik. Terbukti, dengan penggunaan media AutoPlay dapat meningkatkan pemahaman hasil belajar siswa.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Survey research, dengan populasi sebanyak 105 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan stratified random sampling, maka jumlah sampel sebanyak 83 siswa. Setiap kelas diambil perwakilan yaitu untuk kelas X TKJ 1 28 siswa, X TKJ 2 28 siswa, X TKJ 3 27 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media AutoPlay terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa di SMK Muhammadiyah Loa Janan sebesar 0,708. Sesuai dengan skala interpretasi, angka tersebut berada pada tingkat pengaruh kuat. Selanjutnya pada pengujian hipotesis dengan signifikansi 5% dan degree of freedom 82 diperoleh nilai thitung Sebesar 9.013 > 1,66365ttabel. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha dalam penelitian ini diterima.