dc.description.abstract | ABSTRAK
Teddy Pramudia Ariawan, 2022. “Problematika Guru PAI Dalam Memilih Metode Pembelajaran di SMPN 47 Samarinda”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Unversitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs Khairul Saleh, M.Ag sebagai pembimbing I dan Ibu Hajriana, M.Pd sebagai pembimbing II.
Guru pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 47 Samarinda menemui masalah dalam menentukan metode pembelajaran, sehingga guru PAI tetap menggunakan metode yang monoton., yakni cermah. Hal ini tentu berpengaruh terhadap evektivitas proses pembelajaran. Problematika ini perlu ditemukan solusi yang tepat agar guru PAI dapat menggunakan metode yang variatif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru PAI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah Miles dan Hubermen yakni kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan tringulasi yang terdiri dari tringulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini menemukan bahwa problematika guru PAI dalam memilih metode pembelajaran ialah; 1) Keterbatasan sarana prasarana yang ada di sekolah; 2) Ketidak siapan siswa mengikuti proses pembelajaran dengan metode baru; 3) Kurangnya motivasi dan minat belajar siswa; 4) Kurangnya alokasi waktu. Cara guru PAI mengatasi problematika dalam memilih metode pembelajaran di sekolah ini yaitu dengan mengkombinasikan metode yang ada, menggunakan metode pembelajaran berkelompok dan diskusi (Coperative Learning) yang didukung dengan pengaturan tempat duduk. Selain itu, pemberian tugas sebagai wahana belajar mandiri seringkali dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. | en_US |