Show simple item record

dc.contributor.authorYudha, Muhammad Karsa
dc.date.accessioned2022-09-05T03:07:52Z
dc.date.available2022-09-05T03:07:52Z
dc.date.issued2022-06-23
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1669
dc.description.abstractABSTRAK Muhammad Karsa Yudha, 2022 “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda” penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Ananiah, M.M.Pd. Selaku dosen pembimbing I dan bapak Misbahul Fuad, M.Pd.I Selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi sebab pendidikan merupakan salah satu faktor penting demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam sebuah negara. Dalam mendidik seorang guru perlu menggunakan model pembelajaran agar proses belajar yang dilaksanakan menjadi efisien. Ada banyak macam model pembelajaran yang ada contohnya seperti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda pada saat pembelajaran tatap muka terbatas guru mata pelajaran SKI menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw sehingga menarik peneliti untuk melakukan penelitian di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda. Adapun tujuan dari penelitian ini ditujukan mengetahui bagaimana implementasi dari model pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan pendekatan penelitian adalah deskriptif kualitatif adapun sumber data pada penelitian ini adalah guru SKI, kepala sekolah, waka kurikulum dan siswa kelas XI melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan triangulasi data, yang dapat diartikan sebagai pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara, dan berbagai waktu. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, sajian data dan kemudian penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian pada skripsi ini ialah: implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di madrasah aliyah darul ihsan samarinda berdampak positif bagi para siswa-siswi dan sebagian besar siswa bisa lebih aktif. Dengan adanya implementasi model pembelajaran jigsaw di mata pelajaran sejarah kebudayaan islam membuat para siswa lebih kompak dan meningkat kesiapan siswa dari segi fisik dan mental untuk menghadapi jenjang selanjutnya.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectImplementasi, Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Mata Pelajaran, Sejarah Kebudayaan Islamen_US
dc.titleImplementasi Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record