Pengaruh Pengembangan Minat Belajar pada Era Pandemi terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Loa Kulu
Abstract
ABSTRAK
Harti, 2022. “Pengaruh Pengembangan Minat Belajar pada Era Pandemi terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Loa Kulu”. Skripsi program studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. Muhammad Said Husin, M.A. selaku pembimbing I dan Ibu Dr. Siti Nor Asiah, S.E., M.Pd. selaku pembimbing II.
Terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran daring pada era pandemic covid-19 di SMP Negeri 4 Loa Kulu. Antara lain fasilitas pembelajaran yang kurang mendukung, kurangnya penguasaan teknologi, kuota yang terbatas dan sulitnya memahami penjelasan materi yang tidak terjadi secara tatap muka, membuat banyaknya siswa menunda-nunda mengerjakan tugas, terlambat dalam mengumpulkan tugas dan bahkan ada sebagian siswa yang tidak mengerjakan tugas. Sehingga pembelajaran daring yang tidak maksimal membuat minat belajar siswa dalam kegiatan belajar khususnya mata pelajaran pendidikan agama Islam berdampak pada menurunnya prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, guru berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan pengembangan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pengembangan minat belajar pada era pandemi terhadap peningkatan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Loa Kulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Populasi dalam penelitian ini kelas VIII A, VIII B, VIII C dan VIII D yang berjumlah 107 peserta didik, dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan uji hipotesis dengan uji t.
Berdasarkan analisis data yaitu diperoleh hasil dari uji korelasi product moment rhitung = 0,075 < rtabel 0,381 menunjukkan nilai R pada posisi 0,00 s/d 0,199 yang berada pada kategori “sangat lemah”. Sedangkan nilai thitung = 0,376 < ttabel = 2,059 maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Sehingga secara parsial hal ini menunjukkan bahwa pengembangan minat belajar pada era pandemi tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar. Adapun konstribusi koefisien determinasi dari pengaruh pengembangan minat terhadap peningkatan prestasi belajar sebesar 0,05%, sedangkan 99,95% dipengaruhi oleh faktor lainnya, yang mana antara variabel X dan variabel Y memang terdapat korelasi, akan tetapi itu sangat rendah sehingga korelasi tersebut dianggap tidak ada. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara pengembangan minat pada era pandemi terhadap peningkatan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4 Loa Kulu.