Implementasi Metode Tallaqi Pada Pembelajaran Menghafal Al-Quran di RA Asy Syauqi Tenggarong
Abstract
ABSTRAK
Apriyani Mukharammah. “Implementasi Metode Tallaqi Pada Pembelajaran Menghafal Al-Quran di RA Asy Syauqi Tenggarong”.2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Isris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak. Dr. Iskandar, M. Ag dan Ibu Rumainur, M. Pd. I
Untuk itu, peneliti ingin mengetahui mengenai proses menghafal Al-Quran di Lembaga RA Asy Syauqi Tenggarong. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebagian besar peserta didik di RA Asy Syauqi Tenggarong belum memiliki kemampuan dalam membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai hukum bacaan tajwidnya. Akan tetapi, peserta didik yang dimaksud telah mampu menghafalkan Al-Quran surah-surah pendek dalam juz 30 dengan menggunakan metode Tallaqi. Untuk itu peneliti ingin mengetahui mengenai proses menghafal Al-Quran di Lembaga RA Asy Syauqi Tenggarong.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Seumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Sumber data primer yakni kepala sekolah dan guru kelas. Sumber data sekunder yakni dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini ialah triangulasi sumber data, triangulasi teknik dan triangulasi bahan referensial. Data dianalisis dengan tiga langkah yakni reduksi data, penyajian datadan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode Tallaqi pada pembelajaran menghafal Al-Quran di RA Asy Syauqi Tenggarong yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dalam penggunaan metode Tallaqi telah termuat secara sistematis dalam program semester, RPPH, RPP, dan berbagai pelatihan yang guru lakukan. Pelaksanaan metode Tallaqi dengan cara guru membacakan perkata pada ayat, anak menyimak, kemudian anak menirukan berulang-ulang. Evaluasi dilaksanakan setiap hari dan diakhir semester. Faktor pendukung dari implementasi metode Tallaqi ialah semangat yang tinggi dari anak tersebut dalam menghafalkan Al-Quran, guru yang berkompeten dalam mengajarkan metode Tallaqi kepada peserta didik, Evaluasi dan bimbingan secara langsung dari Pembina yayasan jika guru melakukan kekeliruan dalam mengajarkan Al-Quran. Faktor penghambat dari implementasi metode Tallaqi ialah kurang konsentrasi anak saat menghafalkan Al-Quran seperti keadaan anak yang lelah ketika mengulang-ulang hafalan yang diberikan ataupun mendapatkan gangguan dari teman dan keterbatasan perkembangan bahasa pada anak.