dc.description.abstract | ABSTRAK
Taqin Mutmaina, 2022. “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Perilaku Islami siswa di SMA Negeri 4 Samarinda.” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Robingatin, M.Ag selaku dosen pembimbing I dan Ibu Indriana Rahmawati, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Pada penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang terdapat di SMA Negeri 4 Samarinda yaitu pada kondisi guru Pendidikan Agama Islam yang masih berstatus honor. Selain itu terdapat pula pada kondisi siswa di SMA Negeri 4 Samarinda yang masih memiliki perilaku yang tidak baik seperti membolos, tidak mengerjakan tugas, tidak mentaati peraturan sekolah, berbohong dan berkata kasar. Berdasarkan permasalahan tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam berpengaruh terhadap perilaku Islami siswa di SMA Negeri 4 Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian pada skripsi ini yaitu penelitian kuantitatif dengan berdasarkan hasil data yang terdapat dilapangan yang disebut dengan field research. Pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling sebanyak 76 siswa kelas XI dari jumlah populasi. Pada teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket/kuesioner dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data dan regresi sederhana dengan menguji uji t.
Hasil penelitian dalam skripsi diketahui pada penghitungan koefisien korelasi yang menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel tersebut yakni variabel X & Y dikatakan berpengaruh positif, hal ini dibuktikan pada nilai koefisien korelasi (r) = 0,326 dengan tingkat hubungan rendah. Pembuktian dilakukan dengan penghitungan hasil pada uji hipotesis yang diperoleh dari perhitungan uji t dengan nilai thitung = 2,966 dan nilai ttabel dilihat dari dalam tabel t pada taraf signifikansi 5% dan tingkat derajat kebebasan (db) = n – 2 = 74, maka nilai ttabel 1,666 sehingga thitung = 2,966 > ttabel 1,666, dengan tingkatan signifikansinya sebesar 0,004 < 0,05. Maka diterimanya Ha secara signifikan Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam berpengaruh signifikan terhadap perilaku Islami siswa di SMA Negeri 4 Samarinda berpotensi rendah. | en_US |