dc.description.abstract | ABSTRAK
Ita Nurita, 2021. Strategi Kepala Sekolah Membangun Partisipasi Masyarakat SMP Islam Terpadu (IT) Insan Cendikia Kabupaten Kutai Kartanegara.Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian Tesis ini dibimbing oleh Dr. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag sebagai pembimbing I dan Dr. Moh. Salehudin, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang masalah penelitian ini bahwa strategi kepala sekolah sebagai leader dan pemimpin organisasi sekolah sekaligus sebagai pelaksana hubungan masyarakat (Humas) diharapkan mampu memberikan langkah-langkah konkrit menumbuhkan sebuah partisipasi masyarakat dengan melibatkan masyarakat dalam berbagai bentuknya.
Metode penelitian ini adalah dekskriptif kualitatif dengan pendekatan manajemen humas pendidikan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah: penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan dari Miles dan Huberman sedangkan keabsahan data dengan teknik trianggulasi.
Hasil penelitian menemukan Pertama: strategi kepala sekolah membangun partisipasi masyarakat SMP Islam Terpadu (IT) Insan Cendikia Kabupaten Kutai Kartanegara adalah dengan Strategi kepala sekolah sebagai seorang pemimpin organisasi sekolah, memperkuat strategi kepala sekolah dalam hubungan masyarakat dengan menawarkan atau memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi. Melaksanakan publikasi dan sosialisasi melalui TV dan chanel sekolah, mengatasi berbagai kendala dan hambatan sekolah dengan melibatkan masyarakat. Strategi sekolah dalam pengembangan dan meningkatkan SDM. Kedua: Faktor-faktor hambatan dan dukungan partisipasi masyarakat SMP IT Insan Cendikia Kabupaten Kutai Kartanegara. Faktor hambatan dari internal dan eksternal sedangkan faktor dukungannya berupa adanya kemauan untuk berpartisipasi, adanya kesempatan yang ditawarkan oleh pihak sekolah, latar belakang masyarakat transmigran yang survive dan gigih serta pemeliharaan kultur masyarakat melalui hubungan yang terjalin dengan sangat baik, sehingga kehadiran sekolah benar – benar sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat yang mendorong lahirnya partisipasi berupa dana, fikiran, tenaga dan keahlian. Ketiga: Manajemen partisipasi masyarakat untuk eksistensi SMP IT Insan Cendikia Kutai Kartanegara adalah dengan terlaksananya hubungan masyarakat yang baik (humas) menunjukkan adanya eksistensi sekolah, peningkatan peserta didik setiap tahunnya dan partisipasi masyarakat (wali siswa, masyarakat umum, perusahan yang ada) dan tokoh masyarakat menandakan eksistensi sekolah baik dan menuju sekolah maju, melakukan proses manajemen (perencanaan, pelaksanaan, organisasi dan evaluasi humas) terhadap program sekolah yang melibatkan masyarakat. | en_US |