Peningkatan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Permainan Puzzle Pada Kelompok A TK Rizky Maha Karya Utama Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nurhayati, 2019, “Peningkatan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Permainan Puzzle Pada Kelompok A TK Rizky Maha Karya Utama Samarinda”,Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan IAIN Samarinda. penelitian ini dibimbing oleh Dra Hj. Ananiah, M.Pd selaku pembimbing I dan Amalia Nur Aini, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pola kemandirian anak kelompok A di TK Rizky Maha Karya Utama yang masih rendah. Dimana guru dan orang tua memberikan kemudahan anak untuk melakukan aktivitasnya. Sehingga anak cenderung tidak mandiri. Dari permasalah itu guru mencoba memberikan alat permainan edukatif puzzle sebagai media untuk meningkatan kemandirian anak. Tujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian anak usia dini melalui permainan puzzle pada kelompok A TK Rizky Maha Karya Utama Samarinda.
Jenis penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan (Planning), tindakan (Action), observasi dan refleksi. Subjek anak TK Rizky Maha Karya Utama. Setelah penelitian,hasil yang diperoleh, data tersebut ditampilkan dengan rentang nilai dan diklasifikasikan kedalam nilai Berkembang Sangat Baik (BSB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH), Mulai Berkembang (MB), Belum Berkembang (BB).
Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada anak kelompok A TK Maha Karya Utama Samarinda, menunjukkan bahwa peningkatan kemandirian melalui media bermain puzzle pada siklus 1dan siklus 2 terjadi peningkatan, pada siklus 1 pertemuan pertama diperoleh angka sebesar 40.58% pada pertemuan kedua 60.83%, sedangkan pada siklus 2 pertemuan pertama mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase 80%, pada pertemuan kedua siklus naik menjadi rata-rata persentase 89.17%,ini menunjukkan bahwa peningkatan kemandirian melalui metode bermain puzzle mengalami peningkatan secara signifikan.