View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Bahasa Arab
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Bahasa Arab
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Efektivitas model pembelajaran kooperatif Tipe teams games tournament dalam meningkatan penguasaaan kosa kata bahasa arab pada siswa kelas V di MIN 1 Samarinda

Thumbnail
View/Open
Triana Nurhasanah.docx (12.30Kb)
Date
2019-08-29
Author
Nurhasanah, Triana
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Triana Nurhasanah, 2019, Efektivitas model pembelajaran kooperatif Tipe teams games tournament dalam meningkatan penguasaaan kosa kata bahasa arab pada siswa kelas V di MIN 1 Samarinda, Skripsi, Program Studi Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Ustadz Dr. Muhammad Nasir Sebagai Pembimbing I, M.Ag dan Ustadz Muhammad Anhar, M.Hum. sebagai Pembimbing II. Penguasaan Kosa Kata dalam pembelajaran bahasa arab mempunyai peranan yang besar. Dalam proses pembelajaran menghafal atau menguasai kosa kata yang diberikan. Seringkali peserta didik mengalami kesulitan dalam mengingat dan menemukan semangat maupun motivasi karena mereka merasa terlalu berat jika dalam kurun waktu tertentu untuk mengingat ataupun menghafal kosa kata dari Bahasa asing yaitu Bahasa arab yang diberikan kepada mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe teams games tournament dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa arab. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah simple random sampling, yaitu sebanyak 76 siswa dari kelas V Madrasah Ibtidaiyyah 1 Samarinda, dengan rincian 38 siswa kelas V B sebagai kelas eksperimen dan 38 siswa kelas V C sebagai kelas kontrol . Instrument yang digunakan pada penelitian adalah dokumentasi, tes dan observasi. Hasil rata-rata nilai posttest kelas eksperimen mencapai angka 85,45. Sedangkan perolehan nilai rata-rata posttest kelas control mencapai angka 77,08. Selisih nilai rata-rata hitung antara kedua kelompok sebesar 8,37. Hal ini menunjukan ada pengaruh signifikan dari perbedaan perlakuan yang diterima pada kedua kelas. Dari hasil penghitungan uji-t serta dari perbedaan rata-rata nilai yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaraan tipe teams games tournaments memberikan pengaruh terhadap penguasaan kosa kata bahasa arab siswa kelas V MIN 1 Samarinda.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/170
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Bahasa Arab [23]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV