Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Kedisiplinan Belajar Mapel PAI di MTs Negeri 2 Balikpapan
Abstract
ABSTRAK
Susi Nur Utami, 2022. “Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Kedisiplinan Belajar Mapel PAI di MTs Negeri 2 Balikpapan”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Iskandar,M.Ag selaku dosen pembimbing I dan Bapak Dr. Akhmad Muadin,M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Penggunaan gadget dalam pembelajaran daring pada saat ini sangatlah membantu siswa-siswi untuk tetap dapat mengikuti pembelajaran dan untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan siswa namun lain hal nya penggunaan gadget mempengaruhi kedisiplinan siswa dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas sehingga siswa-siswi menggunakan gadget untuk bermain game online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh hubungan intensitas penggunaan gadget dengan kedisiplinan belajar siswa pada mapel PAI di MTs Negeri 2 Balikpapan
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di MTs Negeri 2 Balikpapan yang berjumlah 192 orang. dalam menentukan sampel peneliti menggunakan teknik quota sampling pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi adapun teknik analisis data menggunakan Uji Korelasi Product Moment, Uji t, dan Uji Koefisien Determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diketahui bahwa hubungan intensitas penggunaan gadget terhadap kedisiplinan belajar siswa bahwa penggunaan gadget untuk pembelajaran dapat mempengaruhi wawasan/ilmu pengetahuan siswa disekolah yaitu pada frekuensi sebanyak pada kategori selalu yakni sebanyak 51,51% sedangkan untuk kedisiplinan belajar siswa di MTs Negeri 2 Balikpapan pembelajaran menggunakan gadget siswa mengumpulkan tugas dengan tepat waktu sesuai waktu yang telah ditentukan yaitu pada kategori selalu yakni sebanyak 72,72%. Adapun hasil dari analisis yang diperoleh dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan program SPSS 25 dan Excel 2016 dan mendapatkan hasil dari uji korelasi sebesar 0,605 berdasarkan dari tabel interpretasi yang berada pada kisaran antara 0,600-0,799, bahwa variabel X berpengaruh dengan variabel Y dengan kategori “kuat”. Sedangkan hasil koefisien determinasi yaitu sebesar 36,69% dan sisanya 61,63% dite ntukan oleh variabel lain yang tidak diketahui dan pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansi menggunakan rumus uji t, diperoleh hasil thitung =6,078 dan diperoleh ttabel=1,668 dengan ketentuan jika thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak dan sebaliknya jika thitung < ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian 6,078 > 1,668. Maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan kedisiplinan belajar mapel PAI sebesar 36,69% sedangkan 61,63% dipengaruhi oleh variabel lain.