dc.description.abstract | ABSTRAK
Winarti, 2021. “Pengaruh Model E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Matapelajaran Fiqih Di MTs DDI Tani Aman. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Ahmad Muthohar, M. Si dan Indriana Rahmawati, M. Pd.
Pendidikan perlu diperhatikan karena merupakan unsur penting dalam membantu kemajuan berfikir anak. Pemberian pelajaran secara menarik dan menyenangkan serta peran motivasi dalam belajar menjadi salah satu kunci kemajuannya. Terutama pada saat pandemi Covid-19 seperti ini dimana banyakguru menganggap bahwa mengajar adalah memberikan ilmu, padahal mengajar bukan hanya sekedar itu saja. Selain itu, kurangnya pengawasan orang tua saat pembelajaran berlangsung, penyalahgunaan perangkat elektronik, keterbatasan biaya pembelian paket serta mulai menurunnya pemberian respon siswa selama pembelajaran menjadi masalah yang ada di MTs DDI Tani Aman saat ini. Apalagi pada mata pelajaran Fiqih yang diperlukan adanya praktek-praktek ibadah dalam sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model e-learning pada masa pandemi Covid-19 terhadap motivasi belajar siswa di MTs DDI Tani Aman serta seberapa besar pengaruh yang ada.
Sedangkan jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan populasi sebanyak 259 siswa. Sampel dalampenelitian ini yaitu 38 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan data uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan, uji korelasi product moment, uji T dan uji koefisien determinasi.
Hasil dai penelitian ini menurut hasil uji normalitas diketahui 0,371 > 0,05 yang berarti data angket berdistribusi secara normal. Sementara dari hasil uji linearitas diketahui 0,810 > 0,05 yang berarti variabel X berhubungan linear terhadap variabel Y. Adapun berdasarkan hasil uji korelasi diperoleh 0,009 < 0,05 yang artinya variabel X memiliki korelasi yang signifikan terhadap variabel Y. Selain itu, menurut hasil uji t taraf signifikansi 5%, diperoleh t hitung 2,773 > t table 2,028, oleh karena itu hipotesis diterima. Sedangkan menurut hasil koefisien determinasi diperoleh pengaruh sebesar 15,3%. Berdasarkan hasil penelitian yang ada, dapat disimpulkan bahwa model elearning memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar Fiqih siswa di MTs DDI Tani Aman dengan pengaruh sebesar 15,3%. | en_US |