dc.description.abstract | ABSTRAK
Shinta Dwi Famila, 2022. “Pemanfaatan E-Learning madrasah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran rumpun PAI di MTs Darussalam Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI)”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Husni Idris, M.Pd dan Bapak Saipul Hadi, M.Pd.I.
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa di dalam proses pembelajaran online dengan memanfaatkan media whatshap dan zoom, hal tersebut membuat madrasah memilih aplikasi yang tepat yaitu dengan mengikuti anjuran dari Kementrian Agama untuk memanfaatkan platform elearning madrasah yang telah dirancang dan disediakan sebagai media pembelajaran online, platfrom tersebut dirasa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Maka tujuan dari research ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan e-learning madrasah dalam meningkatkan motivasi belajar serta faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pemanfaatan e-learning madrasah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada rumpun PAI.
Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber datanya adalah guru SKI, guru akidah akhlak, guru fiqih dan guru al-qur’an hadis dan beberapa siswa. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber data, dan teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan e-learning madrasah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa merupakan sebuah kebijakan dari kepala sekolah dengan mengikuti anjuran kemenag sebagai solusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang sebelumnya motivasi dengan pemanfaatan media whatshap dan zoom dalam belajar masih kurang serta memberikan edukasi mengenai cara penggunaanya. E-Learning madrasah memiliki beberapa fitur beragam yang dapat dimanfaatkan oleh guru dalam proses pembelajaran baik sebelum, saat pelaksanaan ataupun pada evaluasi. Fitur-fitur tersebut dimanfaatkan oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada proses pembelajaran guru memanfaatkan fitur bahan ajar dengan cara meng upload materi ajar sebelum pembelajaran dilaksanakan ataupun berlangsung berupa power point dan video dengan gambar-gambar yang menarik, serta penjelasan singkat dan mudah. Pada kegiatan evaluasi guru memanfaatkan fitur penilaian pengetahuan, keterampilan dan cbt dengan memberikan batasan waktu pada pengerjaan tugas/ujian serta memberikan nilai. Selain itu terdapat faktor yang mendukung dalam pemanfaatan e-learning madrasah yaitu tersedianya sarana hosting dan server yang memadai, fitur-fitur yang menarik, sarana berupa handphone disertai jaringan yang stabil dan kuota dari pemerintah. Selain terdapat faktor yang mendukung ada juga hal yang menghambat antara lain: adanya gangguan jaringan, fitur video conference dan cbt, sarana siswa berupa hp kurang mendukung. | en_US |