Pengaruh Metode Make a Match Terhadap Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Sifat Rasul Allah Siswa Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Bontang
Abstract
ABSTRAK
Atika Nur Izzatil Hasanah 2022. “ Pengaruh Metode Make a Match Terhadap Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Sifat Rasul Allah Siswa Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Bontang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Marniati Kadir, S.Pd, M.Pd Selaku Pembimbing I dan Muhammad Ridho Muttaqien, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ada di SMP Negeri 7 Bontang yaitu rendahnya keaktifan belajar pada siswa dapat dilihat dari penggunaan metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar belum bervariasi, sehingga membuat siswa merasa bosan dan tidak menarik perhatian siswa untuk aktif dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari penggunaan metode make a match terhadap keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam materi Sifat Rasul Allah kelas VIII di SMP Negeri 7 Bontang.
Jenis penelitian menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi peneliti siswa kelas VIII dan sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIII C sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen dengan Jumlah 64 Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas, dan uji realibilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis.
Perolehan skor keaktifan belajar siswa yang didapatkan setelah dilakukan penerapan metode make a match pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata yaitu sebesar 82% dan skor keaktifan belajar pada kelas kontrol setelah diterapkan metode konvensional yaitu sebesar 58 %. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa keaktifan belajar siswa yang diberikan pembelajaran menggunakan metode make a match lebih tinggi dari pada yang diberikan pembelajaran menggunakan metode ceramah. Hal ini juga dapat dibuktikan berdasarkan hasil uji independent t-test yang didapatkan bahwa diketahui nilai thitung = 8,763950 > ttabel = 1,671 sehingga variabel metode make a match sangat berpengaruh terhadap keaktifan belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Bontang. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 77,2 % sedangkan 22,8 % dipengaruhi oleh variabel dari luar. Dalam penelitian ini, peneliti dapat mengetahui seberapa besar pengaruh metode make a match terhadap keaktifan belajar pendidikan agama Islam materi sifat rasul Allah pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Bontang tergolong kuat.