Show simple item record

dc.contributor.authorMahdalena, Mahdalena
dc.date.accessioned2022-09-14T03:27:52Z
dc.date.available2022-09-14T03:27:52Z
dc.date.issued2022-03-28
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1723
dc.description.abstractABSTRAK Mahdalena, 2022. Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag selaku pembimbing I dan Ibu Nurwati, M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini yaitu adanya temuan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi untuk di analisis lebih mendalam. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam sebuah novel yang berjudul Anak Rantau karya Ahmad Fuadi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif, yang sumber data primernya dengan rujukan utama novel Anak Rantau, sedangkan sumber data sekundernya yaitu berupa buku-buku, jurnal, skripsi, dan karya tulis lain yang masih relevan dengan judul penelitian. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah ditemukannya nilai-nilai pendidikan Islam sebanyak empat belas kategori yang diklasifikasikan menjadi tiga bagian yang pertama, akidah meliputi mengucap kalimat tauhid, mengimani asmaul husna, dan berharap kepada Allah SWT., kedua, ibadah meliputi salat, doa, dan membaca Al-Qur’an, ketiga, akhlak meliputi syukur, menuntut ilmu, sabar, memaafkan, ikhtiar, husnuzan, penyayang, dan taubaten_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectNilai-Nila,i Pendidikan Islam, Novel Anak Rantauen_US
dc.titleNilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadien_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record