Pengaruh Sistem Pembelajaran Terhadap Karakter Peserta Didik di SMA IT DHBS Bontang Tahun Ajaran 2021/2022
Abstract
ABSTRAK
Annisa Padila, 2021. “Pengaruh Sistem Pembelajaran Terhadap Karakter Peserta Didik di SMA IT DHBS Bontang Tahun Ajaran 2021/2022”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Darwis, M.SI selaku pembimbing I dan bapak Muhammad Ridho Muttaqin, M.Pd selaku pembimbing II.
Pendidikan tidak hanya bertujuan untuk mencerdaskan akan tetapi juga untuk membentuk karakter siswa. Pendidikan dalam pelaksanaannya harus memperhatikan pendidikan formal (sekolah), non formal, maupun pendidikan informal (keluarga) dalam upaya menumbuh kembangkan karakter peserta didik. Namun pada kenyataannya, pendidikan di Indonesia terkhusus pada wilayah bontang saat ini hanya mementingkan pada peran pendidikan formal. Kesibukan orang tua dalam pekerjaan membuat orang tua tidak dapat secara maksimal mengawasi perkembangan serta perilaku anak yang mana mempengaruhi pembentukan karakter. terlebih lingkungan sekitar dan pergaulan pada zaman sekarang yang terlalu bebas dan kurang bagus. Salah satu upaya yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu dengan memasukan anak ke sekolah yang menggunakan sistem asrama, dimana seluruh kegiatan sekolah dilaksanakan dengan sistem asrama dipantau oleh Pembina selama 24 jam serta aturan yang sudah terstruktur dibuat untuk membentuk lingkungan yang baik dan membentuk generasi yang berkarakter mandiri atau disebut dengan sistem pembelajaran boarding school.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan XII SMA Islam Terpadu Daarul Hikmah Boarding School Bontang sebanyak 281 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 165 siswa yang diambil dengan menggunakan rumus slovin.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, angket dan observasi. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji klasik menggunakan uji normalitas, uji homogenitas. Teknik pengumpulan data menggunakan uji regresi linier sederhana, uji T, dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian didapatkan skor 0,059 sehingga disimpulkan data tersebut berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis data, diperoleh korelasi antara sistem pembelajaran boarding schoolterhadap karakter siswa sebesar 0,757 dengan kategori “kuat”. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung sebesar 7,7352sedangkan nilai ttabel yaitu 1,65426 karena thitung > ttabel maka Ha diterima, yang berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sistem pembelajaran boarding school terhadap karakter siswa di SMA IT DHBS Bontang.dengan hasil observasi dan analisa dimana sistem pembelajaran boarding school memberikan pengaruh pada karakter siswa semakin hari semakin baik.