Problematika Penerapan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs At-Tadzkir Loa Janan
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Fatih. “Problematika Penerapan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs At-Tadzkir Loa Janan” 2021. Skripsi, program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Pendidikan Agama Islam fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda., penelitian ini dibawah bimbingan ibu Wahdatun Nisa M.A sebagai pembimbing I dan ibu Rumainnur M.Pd.I sebagai pembimbing II.
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting baik berdasarkan sudut pandang undang-undang negara ataupun agama, akan tetapi pendidikan selalu menemui permasalahan dan tantangan salah satunya yaitu adanya pandemic yang masuk di Indonesia pada awal tahun 2020 sehingga untuk tetap melaksanakan pembelajaran diterapkan lah pembelajaran secara daring, pembelajaran daring diterapkan dalam semua mata pelajaran termasuk dalam mata pelajaran fikih. Pembelajaran daring pada mata pelajaran fikih sebelum pandemi merupkan hal yang tidak biasa sehingga ketika menerapkan pembelajaran daring tersebut guru mata pelajaran dituntut untuk lebih menguasai pembelajaran yang baru itu untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran yang baik, tentu saja dalam penerapan tersebut ditemui banyak problematika karena ketidak terbiasaan dalam menerapkan pembelajaran daring. Peneliti melakukan penelitian di MTs At-Tadzkir Loa Janan karena peneliti menemukan problematika tentang penerapan pembelajaran daring pada pelajaran fikih yang berada di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan bagaimana problematika penerapan pembelajaran daring pada mata pelajaran fikih di MTs At-Tadzkir Loa Janan dan bagaimana solusinya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran fiqih serta siswa MTs At-Tadzkir Loa Janan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan terhadap data hasil penelitian dengan kredibilitas dan menggunakan triangulasi teknik.
Hasil dari pada penelitian ini menunjukkan bahwasanya problematika penerapan pembelajaran daring pada mata pelajaran fikih terdapat dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi dan ditemukan solusinya sesuai dengan prinsip pembelajaran daring yaitu pembelajaran harus sederhana, sistem pembelajaran harus dibuat personal, dan sistem harus cepat.