Show simple item record

dc.contributor.authorRahmad, Rahmad
dc.date.accessioned2022-09-27T06:50:58Z
dc.date.available2022-09-27T06:50:58Z
dc.date.issued2021-06-22
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1743
dc.description.abstractABSTRAK Rahmad, 2021. Penerapan Teknologi Informasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Samarinda. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, IAIN Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Muhammad Tahir, MM., dan Dr. Siti Nor Asiah, M.Pd. Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat saat ini tidak bias dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaannya bagi dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Teknologi informasi merupakan perkembangan sistem informasi dengan menggabungkan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi. Penelitin ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang; 1) penerapan teknologi informasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Samarinda. 2) faktor penghambat penerapan teknologi informasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Samarinda. 3) Faktor pendukung penerapan teknologi informasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Samarinda. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus Dalam pemilihan informan, akan digunakan tekhnik “sampel bertujuan” purposive sampling dengan menggunakan tekhnik snowball sampling. Tekhnik pengumpulan datanya dilakukan meliputi; 1) wawancara, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Pengecekan keabsahan datanya dilakukan dengan ; 1) Mengecek metodologi yang telah digunakan, 2) Mengecek kembali hasil laporan, 3) Triangulasi. Adapun temuan hasil penelitian peneliti di lapangan sebagai berikut ; 1) Penerapan teknologi informasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Samarinda dilakukan melalui; Perencanaan yang sistematis dalam memanfaatkan perangkat teknologi, implementasi Penerapan teknologi informasi secara tepat guna, dan evaluasi Penerapan teknologi informasi secara continue. 2) Faktor Penghambat Penerapan Teknologi Informasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Samarinda dibagi menjadi dua, yaitu faktor penghambat internal yang meliputi; kendala kebijakan sekolah dan pemerintah, kendala dari siswa, kendala dari guru, kendala dari sarana dan prasarana. faktor penghambat eksternal yang meliputi; kendala dari wali murid, kendala dari cuaca/kerusakan system. 3) Faktor Pendukung Penerapan Teknologi Informasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Samarinda yaitu; adanya kebijakan sekolah dan pemerintah, dukungan dari siswa, dukungan dari guru, dukungan sarana dan prasaranaen_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectPenerapan, Teknologi Informasien_US
dc.titlePenerapan Teknologi Informasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record