Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Membaca Al-Qur‟an di Taman Pendidikan AlQur‟an (TPQ) Darul „Ulum Tenggarong
Abstract
ABSTRAK
Lifthi Hidayatul Ummah, 2022. “Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Membaca Al-Qur‟an di Taman Pendidikan AlQur‟an (TPQ) Darul „Ulum Tenggarong”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag dan Yunita Noor Azizah, M.Pd.I.
Latar belakang penelitian ini adalah mengedepankan nilai keagamaan dalam proses pembelajaran, maka untuk tercapainya mutu pendidik, perlu mengikuti pelatihan guna memperbaiki kualitas membaca Al-Qur‟an, dan peran guru adalah meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an diharapkan memiliki pengaruh yang besar terhadap keberhasilan proses belajar dan membaca AlQur‟an di TPQ Darul „Ulum Tenggarong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi profesionalisme guru dalam meningkatkan kemampuan santri membaca Al-Qur‟an di TPQ Darul „Ulum Tenggarong, serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat kompetensi profesionalisme guru dalam meningkatkan kemampuan santri membaca Al-Qur‟an di TPQ Darul „Ulum Tenggarong.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau ucapan orang dan perilaku yang diamati. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer, dan sumber data sekunder. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun observasi yang digunakan ialah observasi partisipasi pasif, sedangkan wawancara yang peneliti lakukan dalam bentuk tanya jawab dengan responden yaitu guru dan murid yang berhubungan dengan kompetensi profesionalisme guru, factor pendukung dan faktor penghambat serta proses pengajaran dan peningkatan kemampuan santri membaca Al-Qur‟an, dokumentasi dalam penelitian ini berkaitan dengan tempat pelaksanaan pembelajaran, serta sarana dan prasarana. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian menggunakan teknik ketekunan pengamatan, triangulasi, dan bahan referensi. Kemudian data yang diperoleh dan dianalisis menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa: 1). Kompetensi profesionalisme guru di taman pendidikan Al-Qur‟an Darul „Ulum Tenggarong meliputi beberapa kemampuan yakni memahami materi yang akan diajarkan, dapat mengkondisikan proses pembelajaran dengan baik, dapat mengelola kelas dengan baik, dan memberikan penilaian serta pengarahan bagi peserta didik. 2). Guru di taman pendidikan Al-Qur‟an Darul „Ulum Tenggarong memiliki faktor pendukung diantaranya adanya pembina, peserta pembinaan, sarana prasarana, dan lingkungan yang mendukung, sedangkan faktor penghambat kompetensi profesionalisme guru TPQ Darul „Ulum Tenggarong ialah kurangnya tenaga pendidik, minimnya waktu pembelajaran Al-Qur‟an, dan lingkungan eksternal santri.