Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Multikultural Pada Pembelajaran PAI di MTs Al Azhar Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Mufrizal, “Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Multikultural Pada Pembelajaran PAI di MTs Al Azhar Samarinda”. 2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Ibu Lina Revilla Malik, M.Si dan Ibu Rumainur, M.Pd.I
Latar belakang penelitian ini yaitu adanya berbagai macam latar belakang Siswa-siswi yang memicu timbulnya konflik seperti di dalam pembagian tugas kelompok mereka cenderung memilih teman yang pintar dan rajin, maka hal tersebut tentu berpotensi timbulnya konflik yang mana solidaritas diantara menjadi renggang seperti terbentuknya geng-geng tertentu karena adanya unsur diskriminasi antar teman sebayanya sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi Guru pada umumnya dan Guru PAI pada khususnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan multikultural, tahapan dan metode internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural pada pembelajaran PAI di MTs Al Azhar Samarinda.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian guru PAI dengan jumlah 3 orang, kepala sekolah, dan 8 orang dari Siswa-siswi MTs Al Azhar Samarinda. Teknik pengumpulan data ialah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan terhadap suatu data hasil penelitian dengan menggunakan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwasanya terdapat nilai-nilai pendidikan multikultural seperti nilai solidaritas, nilai toleransi, nilai demokrasi, dan nilai keadilan pada pembelajaran PAI di MTs Al Azhar Samarinda, dan guru PAI telah melakukan tahapan internalisasi nilai yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap transinternalisasi nilai dengan menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi kelompok, metode pembiasaan dan metode ibrah.