Pengaruh Pembelajaran ELearning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Pada Masa Pandemic Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah (MI) At-Taufiq Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Agil Normi Wahyuningsih, (1711101190). “Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Pada Masa Pandemic Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah (MI) At-Taufiq Samarinda”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Sulaiman (UINSI) Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Dr. Muhammad Nasir, M.Ag selaku pembimbing I dan Dr. Suratman, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah terkait pelaksanaan pembelajaran elearning di tengah pandemi Covid-19 yang diterapkan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pada siswa/i kelas VI A dan B di Madrasah Ibtidiyah At-Taufiq Samarinda. Semakin berkembangnya teknologi guru Aqidah Akhlak menerapkan pembelajaran elearning dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Ketika menyampaikan materi guru membagikan materi melalui grup WhatsApp kelas, dan guru melakukan tanya jawab kepada siswa/i melalui video call WhatsApp terkait materi yang tidak dipahami oleh siswa/i. Akan tetapi, masih banyak kendala yang dirasakan saat pembelajaran elearning sedang berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak pada masa pandemic covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah At-Taufiq Samarinda pada siswa/i kelas VI.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menyebar angket, dengan populasi 59 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan observasi. Instrumen angket harus uji keabsahan data melalui uji validitas, reliabilitas, normalitas dan linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji F, uji t, regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan Ŷ = 90,719 + - 0,037 X, dengan hasil uji signifikansi dengan menggunakan uji t yaitu sig bernilai 0,555. Karena 0,555 lebih besar dari 0,05 dan bahwa thitung -0,594 < ttabel 1,672, sehingga Ho diterima dan Ha ditolak maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran elearning tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI At-Taufiq Samarinda. Pengaruh pembelajaran elearning terhadap hasil belajar siswa sebesar 0.06% atau sangat lemah, sedangkan 99,94% dipengaruhi oleh faktor lainnya, maka disimpulkan pembelajaran e-learning tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VI di MI At-Taufiq Samarinda.