dc.description.abstract | ABSTRAK
Muhammad Dini Purwadi, 2020. “Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Samarinda Tahun Pelajaran 2019/2020”. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Tesis ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M. Ag sebagai pembimbing I dan Dr. Hj. Sy. Nurul Syobah, M. Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya prestasi belajar Akidah Akhlak agar peserta didik memahami dan mengamalkan nilai-nilai Islam. Prestasi belajar Akidah Akhlak salah satunya dipengaruhi oleh faktor internal yakni kecerdasan spiritual dan konsep diri. Faktor ini penting karena menjadi motivasi dalam diri untuk meraih prestasi belajar yang tinggi. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh kecerdasan spiritual dan konsep diri terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak. Tujuan penelitian ini ialah: 1) Ingin mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas XI di MAN 2 Samarinda, 2) Ingin mengetahui pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas XI di MAN 2 Samarinda, dan 3) Ingin mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual dan konsep diri terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas XI di MAN 2 Samarinda.
Penelitian yang digunakan dalam menyusun tesis ini adalah jenis penelitian Kuantitatif. Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji pengaruh kecerdasan spiritual dan konsep diri terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas XI MAN 2 Samarinda. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MAN 2 Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah analisis statistik deskriptif, analisis korelasi product moment, dan analisis regresi ganda.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh positif dan sangat signifikan antara kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,728 dengan p = 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan semakin tinggi Kecerdasan Spiritual semakin tinggi juga prestasi belajar Akidah Akhlak. (2) Ada pengaruh positif dan sangat signifikan antara konsep diri terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,832 dengan p = 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan semakin tinggi Konsep Diri semakin tinggi juga prestasi belajar Akidah Akhlak. (3) Ada pengaruh positif dan sangat signifikan antara kecerdasan spiritual dan konsep diri terhadap prestasi belajar Akidah Akhlak. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar ry.x1x2 = 0,965 dengan p = 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan semakin tinggi prestasi belajar Akidah Akhlak semakin tinggi juga kecerdasan spiritual dan konsep diri. | en_US |