Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa SMP Negeri 22 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nurul Chidayah, 2021. “Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa SMP Negeri 22 Samarinda.” Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah, Program Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag sebagai pembimbing I dan Dr. H. M. Kusasi, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan istimewa manusia yang dikaruniakan Allah SWT berupa akal dan kecerdasan yang memiliki 3 varian yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Ketiga kecerdasan tersebut memiliki peran dalam bidang pendidikan, dengan adanya kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang tinggi seseorang dapat mengendalikan potensi intelektualnya sehingga dapat meraih keberhasilan yang lebih bermakna dalam hal ini siswa mampu meraih prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa SMP Negeri 22 Samarinda; (2) hubungan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa SMP Negeri 22 Samarinda; dan (3) hubungan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa SMP Negeri 22 Samarinda.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 22 Samarinda yang beragama Islam yang berjumlah 1.239 orang. Tekhnik yang digunakan dalam menentukan sampel adalah dengan menggunakan rumus slovin dengan batas kesalahan 10% sehingga didapatkan sampel sebanyak 93 orang. Adapun tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan uji korelasi ganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan emosional memiliki hubungan yang cukup kuat dan signifikan dengan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa SMP Negeri 22 Samarinda yaitu sebesar 0,435; (2) Kecerdasan spiritual memiliki hubungan yang cukup kuat dan signifikan dengan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa SMP Negeri 22 Samarinda sebesar 0,432; (3) Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual memiliki hubungan yang cukup kuat dan signifikan dengan prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa SMP Negeri 22 Samarinda sebesar 0,476