dc.description.abstract | ABSTRAK
Nurul Hikmah, 2021. “Respons Remaja Terhadap Pesan Dakwah Melalui Media Sosial Di Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara”. Tesis, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Dibimbing oleh Dr. H. M. Tahir, S.Ag.M.M sebagai pembimbing I dan dan Dr. Hj. Ida Suryani Wijaya, M.Si sebagai pembimbing II.
Latar Belakang penelitian ini adalah fenomena media sosial sebagai media yang sangat populer dan telah digunakan hampir 90 persen masyarakat Indonesia dengan durasi interaksi hampir 8 jam perhari dengan berbagai jenis kegiatan online. Media ini dimanfaatkan oleh setiap lapisan masyarakat diberbagai bidang, salah satunya adalah bidang penyebaran agama Islam. Media sosial tidak dapat dipisahkan lagi dengan generasi milenial sebagai media yang dapat memberikan informasi dan pengetahuan dakwah bahkan pengaruh perubahan perilaku khususnya pada remaja. Perubahan pandangan atau perilaku setelah mendapatkan informasi pesan mungkin dipengaruhi oleh pedisposisi individual. Respons khalayak terhadap pesan yang mereka terima melalui media sosial tidak terlepas dari tiga tahapan, Respons kognitif yang berhubungan dengan pengetahuan individu, Respons afektif adalah adanya rasa empati dari pengguna terhadap pesan yang ia terima melalui media sosial, Respons konatif yaitu adanya kegiatan yang dilakukan akibat dari rangsangan pesan.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons remaja terhadap pesan dakwah melalui media sosial di Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis serta teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. adapun jumlah responden yaitu 5 orang remaja yang berdomisili di Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara. Teori yang digunakan adalah teori S-O-R (system organism response) dan I-D (Individual differences).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa respons remaja di Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara menunjukkan bahwa respons kognitif pada pembahasan seputar fenomena sosial dan akhlakul karimah merupakan materi yang sering diterima dan cepat dipahami oleh remaja. Pesan dakwah dengan pembahasan akhlakul karimah, wanita, motivasi, dan akidah mendapatkan respons afektif yang menciptakan rasa sedih, malu, bahagia, serta motivasi yang mendorong pada tindakan pada remaja. Respons konatif atau behavioral remaja terhadap pesan dakwah melalui media sosial yang diterapkan disesuaikan dengan materi yang didapatkan. Penerapan pesan dakwah akan dilakukan terutama pada materi dakwah yang membahas tentang akhlakul karimah dan ibadah atau materi yang dianggap mudah dalam penerapannya. | en_US |