Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Wedding Organizer dalam Persperktif Islam (Studi Kasus Istana Pengantin Az-Zahra Wedding Organizer)
Abstract
ABSTRAK
SITI BAINAH, Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Wedding Organizer dalam Persperktif Islam (Studi Kasus Istana Pengantin Az-Zahra Wedding Organizer). Tesis Program Studi Ekonomi Syariah. Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Samarinda (IAIN) 2019 dibawah bimbingan Dr.Bambang Iswanto, M.H.I sebagai Pembimbing I dan Dr. Moh. Mahrus, S.Ag, M.HI sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi penulis melihat bisnis Wedding Organizer merupakan suatu bisnis yang sangat berkembang pesat saat ini. Dan banyaknya minat konsumen memakai jasa wedding organizer Istana Pengantin Az-Zahra dibandingkan dengan vendor lain. Namun terlihat pada data adanya kenaikan dan penurunan tiap bulannya pada pemakaian wedding organizer tersebut. Peneliti ingin mengatahui apakah terdapat pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian jasawedding organizer tersebut. Dan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian jasa wedding organizer
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang sudah memakai jasa wedding organizer yang datanya dimiliki oleh pemilik wedding organizer yang berjumlah 30 konsumen. Penelitian menggunakan teknik total sampling karena jumlah populasi dibawah 100 dan metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 16 untuk menentukan uji analisis determinasi R2; uji T; uji F; dan uji asumsi klasik.
Hasil Analisis menunjukkan bahwa Harga (X1) diperoleh thitung 1.839 dan ttabel sebesar 1.703 atau 1.839 > 1.703 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima maka keputusannya harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian jasa wedding organizer(Studi Kasus Wedding Organizer Istana Pengantin Az-Zahra), sedangkan Kualitas Produk (X2)diperolehthitung sebesar 0.650 < ttabel sebesar 1.703sehigga H0 diterima dan Ha ditolak maka keputusannya tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian jasa wedding organizer dalam Persperktif Islam (Studi Kasus Wedding Organizer Istana Pengantin Az-Zahra). Promosi (X3) Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung 1.899 dan ttabel adalah sebesar 1.899 atau 1.899 > 1.703 sehingga H0 diterima dan Ha ditolak, berarti promosi berpengaruh secara signifikanterhadap keputusan pembelian jasa wedding organizer (Studi Kasus Wedding Organizer Istana Pengantin Az-Zahra). Secara simultan harga, kualitas produk dan promosi mempunyai pengaruh yang kuatdansignifikikanterhadap keputusan pembelian jasaWedding Organizer dalam ppersperktif Islam (Study Kasus Wedding Organizer Istana Pengantin Az-Zahra) dengan signifikansi sebesar 0.003 < 0.05
Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi berpengaruh paling dominan diantara kedua variabel independen lainnya. hal ini terbukti dari hasil analisis regresi promosi yang memperoleh nilai thitung 1.899 lebih besar dibandingkan thitungharga 1.839 dan thitung kualitas 0.650.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Promosi dan Keputusan Pembelian