Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik Di MTs Negeri Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Dahliyanti, 2018. “Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik Di MTs Negeri Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Much. Eka Mahmud, M.Ag selaku pembimbing I dan Abdul Basith, M.Pd selaku pembimbing II.
Pendidikan karakter peduli lingkungan merupakan suatu hal yang harus mendapat perhatian, baik dari pemerintah maupun para pendidik. Hal ini disebabkan karena karakter peduli lingkungan sebagian besar tidak tercermin pada perilaku peserta didik. Contohnya, masih saja banyak peserta didik yang tidak dapat menghubungkan apa yang mereka pelajari, dengan pengamalan mereka ke dalam kehidupan sehari-hari, seperti belajar tentang materi pencemaran lingkungan namun mereka masih saja membuang sampah sembarangan. Namun realitanya, di MTs Negeri Samarinda, perilaku peduli lingkungan, sudah sangat tercermin di lingkungan madrasah, hal ini mungkin karena adanya program peduli lingkungan yang terlaksana di madrasah. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan pada peserta didik di MTs Negeri Samarinda.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan hasil penelitian dalam bentuk narasi atau kata-kata. Penelitian ini merupakan penelitian Field Research atau penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, ketua Adiwiyata, waka kurikulum, satu guru Akidah Akhlak, dan beberapa peserta didik. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan pada peserta didik di MTs Negeri Samarinda: 1) melaksanakan visi-misi berwawasan lingkungan dengan menjabarkan visi-misi kedalam struktur kurikulum dan senantiasa mengingatkan selalu kepada warga masyarakat madrasah untuk menjaga lingkungan, 2) melaksanakan kurikulum berbasis lingkungan dengan memasukkan unsur lingkungan ke dalam proses pembelajaran, baik di dalam kelas maupun pembelajaran di luar kelas 3) kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, seperti melakukan kegiatan piket kelas, jum’at bersih, pengelolaan sampah, penghijauan, peringatan hari nasional terkait lingkungan dan ekstrakurikuler berwawasan lingkungan 4) sarana pendukung ramah lingkungan, seperti adanya, bak sampah 3 in 1, biofori, wastafel, dan sebagainya.