dc.description.abstract | ABSTRAK
Mokhamad Tabiin, 2022. “Strategi Pimpinan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag, sebagai pembimbing I dan Dr. Siti Nor Asiah, M.Pd, sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pimpinan perguruan tinggi akan menentukan arah perjalanan, yang berarti juga termasuk membuat strategi tentang peningkatan mutu pembelajaran dengan mengoptimalkan sumberdaya yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan pimpinan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dalam membuat strategi peningkatan mutu pembelajaran, mengetahui strategi pimpinan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dalam meningkatkan mutu pembelajaran, mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pimpinan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dalam meningkatkan mutu pembelajaran.
Jenis penelitian lapangan dengan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pimpinan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Rektor, Wakil Rektor I, Dekan, para Wakil Dekan I, Direktur, dan Wakil Direktur Pascasarjana, Ketua LPM Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhmmad Idris Samarinda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas data, dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisa data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Tahapan pimpinan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dalam membuat strategi peningkatan mutu pembelajaran, yaitu: (a) Memanfaatkan hasil evaluasi menyeluruh tentang capaian-capaian serta kendalakendala dalam peningkatan mutu pembelajaran; (b) Menganalisis berbagai permasalahan dengan menggunakan analisa SWOT; (c) Membuat perencanaan dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, serta peluang dan hambatan yang yang akan dihadapi; (d) Membuat strategi berupa kebijakan dan standar mutu pembelajaran. (2) Strategi pimpinan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dalam meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan melakukan optimalisasi peran sumber daya yang dimiliki, dengan melakukan beberapa strategi, yaitu: (a) Memperkuat Sistem Penjaminan Mutu Internal, (b) Meningkatkan mutu beberapa komponen pembelajaran, (c) Meningkatkan mutu teknologi informasi dan pengkalan data (TIPD); (d) Dukungan kegiatan non akademik yang mendukung mutu pembelajaran. (3) Faktor-faktor pendukung strategi pimpinan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dalam meningkatan mutu pembelajaran adalah: (a) Letak geografis kampus, yang terletak diantara dua propinsi, yaitu Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara; (b) Sumber daya manusia yang berkualitas, terutama para dosen; (c) Kedekatan dengan sumber-sumber kebijakan, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah; (d) Kelengkapan sarana prasarana pembelajaran; (e) Keberadaan unit pelaksana teknis teknologi informasi dan pangkalan data; (f) Iklim organisasi yang bagus; (g) Iklim kampus yang kondusif. Sedangkan faktor-faktor penghambatnya adalah: (a) Keterbatasan anggaran, sehingga tidak semua sarana prasarana pembelajaran bisa dipenuhi; (b) Minimnya jumlah dosen tetap yang berstatus PNS; (c) Kurangnya tenaga administrasi; (d) Ada salah satu fakultas yang terletak di dekat keramaian/pertokoan; (e) Adanya gangguan jaringan terutama di masa pandemi covid-19; (f) Kurangnya pertukaran mahasiswa internasional; (g) Latar belakang mahasiswa yang berbeda; (h) Tidak adanya ketegasan dalam menerapkan kedisiplinan mahasiswa. | en_US |