Penerapan Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu As Salam Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Sahmela, 2022. “Penerapan Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu As Salam Samarinda”. Skripsi, Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Muhammad Iwan Abdi, M. Si. selaku dosen pembimbing I dan Ibu Imroh Atul Musfiroh, M. Pd. I. selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah pelajaran tahsin di SDIT As Salam Samarinda sebelumnya telah menggunakan metode Iqro‟. Namun, masih belum sepenuhnya optimal dan maksimal, karena belum ada tenaga pengajar yang mampu menguasai metode Iqro‟ di wilayah tersebut. Sehingga sekolah memutuskan untuk menggunakan metode Tilawati yang memiliki tenaga pengajar yang menguasai penerapan metode Tilawati. Berdasarkan hal tersebut hal yang tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa SDIT As Salam Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknikkeabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah Miles dan Huberman yakni kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an dengan tahap pertama, kegiatan awal yaitu mempersiapkan media pembelajaran, penataan kelas, kemudian guru mengucapkan salam, berdoa bersama, mengabsen siswa, ice breaking, menyampaikan indikator kompetensi yang diharapkan. Tahap kedua, kegiatan Inti yaitu pembelajaran klasikal, pembelajaran individual baca simak, materi penunjang dan menulis Arab. Tahap ketiga, kegiatan penutup yaitu guru mengisi buku prestasi siswa, kemudian doa bersama, terakhir salam penutup.