Show simple item record

dc.contributor.authorWidyasari, Linda
dc.date.accessioned2020-03-19T06:47:00Z
dc.date.available2020-03-19T06:47:00Z
dc.date.issued2019-11-02
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/180
dc.description.abstractABSTRAK Linda Widyasari. 2019. Pengaruh Kegiatan Kerohanian Islam Terhadap Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag sebagai pembimbing I dan Bapak Drs. H. Ahmad Riyadi, S.S, M.Hum sebagai pembimbing II. ROHIS adalah suatu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang merupakan kegiatan keagamaan yang diselenggarakan untuk mengamalkan ajaran agama dan rohis berkaitan erat dengan perilaku siswa dimana dalam kegiatan rohis menanamkan dan mengajarkan nilai-nilai agama yang bisa membantu terbentuknya akhlak yang baik pada diri seseorang, melalui kegiatan rohis dapat serta mendorong pembentukan kepribadian peserta didik sesuai dengan ajaran Rasulullah saw. Kegiatan rohis juga dapat membentuk manusia terpelajar dan bertaqwa kepada Allah SWT. Selain menjadi manusia yang berpengetahuan, juga mempersiapkan peserta didik menjadi manusia yang menjalankan perintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh kegiatan kerohanian Islam terhadap perilaku siswa kepada guru di SMA Negeri 7 Samarinda. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa/i yang mengikuti ekstrakurikuler rohis di SMA Negeri 7 Samarinda yang berjumlah 48 orang terdiri atas kelas X dan XI. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kegiatan kerohanian Islam terhadap perilaku siswa di SMA Negeri 7 Samarinda ini adalah sebesar 0,416. Pembuktian hipotesis dengan menguji menggunakan rumus uji t, diperoleh nilai thitung= 3,0163 ≥ ttabel = 1,6786 dengan demikian dapat di simpulkan bahwa hipotesis H𝑜di tolak dan H𝑎 diterima bahwa ada pengaruh antara Kegiatan Kerohanian Islam Terhadap Perilaku siswa Di SMA Negeri 7 Samarinda dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,416 dapat dimaknai bahwa besarnya sumbangan variabel Kegiatan Kerohanian Islam Terhadap Perilaku Siswa Di SMA Negeri 7 Samarinda sebesar 17,30% dan sisanya 82,7% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectKegiatan Kerohanian Islam Terhadap Perilaku Siswaen_US
dc.titlePengaruh Kegiatan Kerohanian Islam Terhadap Perilaku Siswa di SMA Negeri 7 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record