Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 8 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Ayu Lestari NIM: 1511101009, “Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 8 Samarinda” Tahun Ajaran 2019. Pembimbing I Drs. Khairul Saleh M.Ag dengan H. Susanto, Lc.,M.PdI sebagai Pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kemajuan teknologi modern saat ini yang sangat berpengaruh dalam dunia Pendidikan khususnya pada penggunaan media pembelajaran, media audio visual memang telah banyak digunakan di dalam pembelajaran karena dianggap sangat membantu, efektif, dan efisien. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di Kelas VIII 1 s/d VIII 12 SMP Negeri 8 Samarinda ditemukan berbagai masalah yang dihadapi khususnya dalam proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang belum optimal, diantaranya adalah mengenai kualitas guru dalam mengajar terutama dalam penggunaan media pembelajaran yang masih kurang inovatif dan jarang digunakan guru, dan kebanyakan siswa tidak dapat menggunakan kemampuannya secara optimal karena cara guru menjelaskan materi yang kurang bervariasi bagi siswa. Maka dari itu ketersediaan media audio visual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat mengubah anggapan siswa yang awalnya pelajaran ini susah menjadi menyenangkan dan mudah untuk dipahami dengan penjelasan yang lebih bervariasi sehingga siswa termotivasi dalam belajar agama Islam dan diharapkan proses belajar mengajar akan berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah efektif penggunaan media audio visual terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama islam di SMP Negeri 8 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain Field Work Research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-1 s/d VIII 4 yang berjumlah 147 siswa dengan menggunakan random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 37 siswa pada kelas VIII-4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Dalam keabsahan data digunakan uji validitas dan uji reliabilitas yang menghasilkan 19 butir pernyataan angket yang valid dan sementara teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistic korelasi product moment. Dari analisis yang telah dilakukan mengenai efektivitas penggunaan media audio visual terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama islam di SMP Negeri 8 Samarinda diketahui bahwa hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh angka sebesar 0,211. Angka tersebut terdapat pada interval pada nilai 0,200 s/d 0,399. Berdasarkan angka interpretasi tersebut terdapat korelasi yang lemah atau rendah, sehingga peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media audio visual efektif terhadap peningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama islam di SMP Negeri 8 Samarinda yaitu sebesar 0,211. Kemudian dilihat dari t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu t hit 1,278350 < t tabel 1,68957 dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual kurang efektif.