Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMKN 7 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Ida Hayati, Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru dengan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMKN 7 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Bapak Dr Muhammad Nasir, M.Ag Selaku Pembimbing I dan Bapak Drs. Darwis,M.SI Selaku Pembimbing II.
Penelitian ini di latarbelakangi oleh fakta yang ada di SMKN7 Samarinda diambil dari keseharian guru pendidikan agama islam yang yang ada di SMKN 7 sudah menjalankan kompetensi kepribadian bisa dilihat dari kedekatan interaksi guru dengan siswa-siswanya namun tidak mengurangi rasa segan siswa terhadap gurunya serta kewibawaan guru itu sendiri saat mengajar di dalam kelas, selanjutnya guru bisa menjadi teladan disekolah, bersikap dan berfikir dewasa dalam membantu menyelesaikan permasalahan pada siswanya. Sedangkan motivasi belajar siswa yang dapat di lihat dari dari kemauan dan kesungguhan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar pendidikan agama islam.dalam pembelajaran masih ada siswa yang tidak termotivasi untuk mau belajar. Permaslahan dalam penelitian ini yaitu seberapa besar hubungan antara kompetensi kepribadian guru dengan motivasi belajar siswa SMKN 7 Samarinda
Jenis yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pengeambilan sampel seluruh siswa kelas XI dan XII yang berjumlah 85 siswa dengan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi,dan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment dan uji t.
Hasil yang diperoleh adalah bahwa terdapat hubungan antara kompetensi kepribadian guru dengan motivasi belajar siswa sebesar 0,7381 yang di interprestasikan dengan tabel r berada diantara 0,600-0,800 berarti tingkat hubungannya cukup. Pembuktian hipotesis dengan menguji sifnifikansi menggunakan rumus uji t diperoleh nilai nilai t_hitung= 11,6732 > t_tabel = 1.98896 sehingga Ha dinyatakan diterima. Bahwa terdapat hubungan yang signifikan Selanjutnya nilai koefisien korelasi (r) =0,7381 besarnya sumbangan variabel kompetensi kepribadian guru sebesar 54,48% dan sisanya 45,52% masih berhubungan dengan variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. bisa saja dipengaruhi variabel yang lain selain kompetensi kepribadian ini. Adapun faktor yang mempengaruhi yang pertama faktor internal meliputi faktor fisik dan psikologis dan yang kedua faktor eksternal terdiri dari faktor non sosial dan sosial