Show simple item record

dc.contributor.authorLestari, Nanin Tri
dc.date.accessioned2022-10-13T05:53:30Z
dc.date.available2022-10-13T05:53:30Z
dc.date.issued2022-06-23
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1847
dc.description.abstractABSTRAK Nanin Tri Lestari, 2022. “Pengaruh Teknik Komunikasi, Tingkat Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Bank Terhadap Pemahaman Nasabah Tentang Akad Pada Produk Bank Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia dan Bank Muamalat Indonesia Sangatta)”. Tesis Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Bambang Iswanto, S.Ag., M.H dan Dr. H. Muchtar Salam, M.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkembangnya bisnis perbankan syariah di Indonesia. Akan tetapi perkembangan ini tidak diimbangi dengan pemahaman masyarakat yang menganggap bahwa bank konvensional dan bank syariah adalah sama. Hal ini yang mendasari peneliti untuk mengetahui seberapa besar pengaruh teknik komunikasi, tingkat pengetahuan, dan pengalaman pegawai bank terhadap pemahaman nasabah tentang akad pada bank syariah dengan mengambil studi kasus pada Bank Syariah Indonesia dan Bank Muamalat Indonesia Sangatta. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian kuantitatif ini digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian analisis data bersifat kuantitatif statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dalam bentuk kuesioner dan dokumentasi. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda yang perhitungannya menggunakan SPSS versi 26. Regresi dilakukan terhadap empat variabel, yaitu satu variabel dependen (Pemahaman nasabah tentang akad pada produk bank syariah) dan tiga variabel independen (Teknik komunikasi, tingkat pengetahuan, dan pengalaman pegawai bank). Temuan dalam penelitian ini pada hasil uji F menunjukkan bahwa bahwa teknik komunikasi, tingkat pengetauan, dan pengalaman pegawai bank secara bersama-sama berpengaruh terhadap pemahaman nasabah tentang akad pada produk bank syariah. Sedangkan hasil uji T variabel Tingkat Pengetahuan dan Pengalaman Pegawai Bank berpengaruh terhadap Pemahaman Tentang Akad Pada Produk Bank Syariah. Sedangkan variabel teknik komunikasi tidak berpengaruh terhadap pemahaman nasabah tentang akad pada produk bank syariah.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKomunikasi, Tingkat Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Banken_US
dc.titlePengaruh Teknik Komunikasi, Tingkat Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Bank Terhadap Pemahaman Nasabah Tentang Akad Pada Produk Bank Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia dan Bank Muamalat Indonesia Sangatta)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record