Studi Perbandingan Hasil Belajar Akidah Akhlak Antara Siswa Yang Menggunakan Metode Index Card Match Dan Yang Tidak Menggunakan Di Kelas X Madrasah Aliyah PPKP Ribathul Khail Timbau Tenggarong
Abstract
ABSTRAK
NURBAYAH, 2019. “Studi Perbandingan Hasil Belajar Akidah Akhlak Antara Siswa Yang Menggunakan Metode Index Card Match Dan Yang Tidak Menggunakan Di Kelas X Madrasah Aliyah PPKP Ribathul Khail Timbau Tenggarong” Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Iskandar, M.Ag dan Ibu Ishmatul Maula, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan proses pembelajaran yang berlangsung Madrasah Aliyah PPKP Ribathul Khail masih sering menggunakan pendekatan pendidikan yang berpusat pada guru atau ceramah sehingga aktivitas dan respon siswa terhadap pernyataan guru rendah dan mempengaruhi hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa dengan membandingkan penggunaan metode pembelajaran Index Card Match dan yang tidak menggunakan pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di Madrasah Aliyah PPKP Ribathul Khail Timbau Tenggarong.
Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas X semester 1. Metode pembelajaran Index Card Match diterapkan pada kelas eksperimen yaitu pada kelas X IPS 2 dan pada kelas kontrol yang tidak menggunakan (berpusat pada guru atau ceramah) yaitu pada kelas X IPA 2 dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas 20 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dan desain yang dipilih adalah nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Soal tes hasil belajar digunakan sebanyak 20 soal valid berbentuk pilihan ganda dengan reliabilitas 0,732 dan termasuk katagori tinggi atau dengan kata lain instrument layak digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data menggunakan metode statistic Uji-t (uji beda), untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan konsultasi pada tabel distribusi “t” pada taraf signifikasi 5%.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Index Card Match lebih tinggi dibanding dengan siswa yang tidak menggunakan (berpusat pada guru atau ceramah). Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 4.925 > 1.645 dengan taraf signifikasi 5%. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dimana Ha: Ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, antara penggunan metode Index Crad Match dengan yang tidak menggunakan (berpusat pada guru atau ceramah). Dengan demikian, siswa yang menggunakan metode pembelajaran Index Crad Match memiliki rata-rata nilai posttest yang lebih tinggi yaitu berjumlah 77.25 dibanding siswa yang tidak menggunakan (berpusat pada guru atau ceramah) yang mempunyai jumlah rata-rata nilai posstets sebanyak 64.75. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Index Card Match berpengaruh terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa.