Potret Keterampilan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam Berasarkan Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kutai Kartanegara Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
ABSTRAK
Dandi Aria Pratama, “Potret Keterampilan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam Berasarkan Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kutai Kartanegara Tahun Pelajaran 2021/2022”, 2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M. SI sebagai pembimbing I dan Ibu Rabiatul Adawiyah, M. Pd sebagai pembimbing II.
Pendidikan merupakan proses pembelajaran dimana guru dan siswa menggunakan bermacam media, tata cara serta sumber belajar untuk memperoleh pengetahuan sesuai dengan kebutuhannya sendiri. Keberhasilan belajar dapat dicapai melalui kerjasama antara guru dan siswa. Namun, guru adalah orang pertama yang menentukan berhasil tidaknya pembelajaran. Keberhasilan awal dimulai dengan perencanaan sebelum guru belajar, rencana ini termasuk dalam RPP. Rencana ini menjadi acuan bagi guru untuk menciptakan kegiatan mengajar agar lebih berkonsentrasi dan berjalan lebih efisien. Dari uraian tersebut, peneliti ingin melakukan penelitian mengenai proses penyusunan RPP khususnya pada mata pelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam di MIN 2 Kutai Kartanegara Tahun pelajaran 2021/2022, peneliti juga meneliti apakah RPP tersebut sesuai dengan prosedur penyusunan RPP berdasarkan Kurikulum 2013. Selain itu, peneliti juga ingin meneliti apa saja kendala dalam penyusunan RPP tersebut.
Penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian kualitatif dilakukan untuk memperoleh pemahaman holistik tentang fenomena seperti perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain yang dialami oleh peserta penelitian dengan mengartikulasikannya dalam bentuk kata-kata dan bahasa dengan menggunakan metode alamiah. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Miles dan Huberman terdiri dari tiga alur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tiga pendekatan triangulasi digunakan dalam penelitian ini, yaitu triangulasi sumber, triangulasi teori, dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Langkah-langkah dalam menyusun RPP diantaranya yaitu Pertama, mengkaji silabus. Kedua, menentukan tujuan pembelajaran. Ketiga, menentukan langkah-langkah pembelajaran. Keempat, menentukan penilaian. Kelima, menetapkan alokasi waktu. Keenam, menentukan alat media dan sumber belajar. (2) RPP mata pelajaran rumpun PAI di MIN 2 Kutai Kartanegara tahun pelajaran 2021/2022 secara umum sejalan sesuai dengan prinsip-prinsip penyusunan kurikulum berdasarkan kurikulum 2013, dilmana langkah-langkahhpembelajaran menggabungkan komponen utamanya, yaitu kegiatan membaca dan menulis (literasi), dan keterampilan abad-21 yakni 4C (Critical thinking, Collaboration, Communication, dan Creativity). (3) Kendala yang guru alami dalam menyusun RPP antara lain sering berubahnya bentuk RPP dan sulitnya menetukan alokasi waktu.