Peran Guru Tim Pembimbing AlQur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di MTs Al Mujahidin 1 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Siti Khofifah Yudiarti, 2022, “Peran Guru Tim Pembimbing AlQur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di MTs Al Mujahidin 1 Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Drs. Darwis, M. S.I dan ibu Siti Nasiah, M. Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi adanya tim pembimbing Al-Qur’an di MTs Al-Mujahidin 1 Samarinda dikarenakan terdapat keterangan bahwa tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di MTs Al Mujahidin 1 Samarinda masih sangat kurang. Ada beberapa peserta didik bisa dikatakan lancar membaca Al-Qur’an, sedangkan ada yang masih tahap pelancaran membaca Al-Qur’an dan sedangkan ada yang masih tidak lancar dalam membaca Al-Qur’an. Dikarenakan banyak peserta didik di MTs Al Mujahidin 1 Samarinda baru belajar membaca Al-Qur’an nya pas masuk MTs dan kurangnya waktu untuk pembelajaran Al-Qur’an, karena masalah tersebut lah menyebabkan banyaknya peserta didik yang masih kurang dalam membaca Al-Qur’an, sehingga terbentuknya guru tim pembimbing Al-Qur’an. Tujuan penelitian untuk mengetahui Peran guru tim pembimbing Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs Al Mujahidin 1 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah jenis deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dengan tim pembimbing serta salah satu peserta didik yang mengikuti bimbingan membaca Al-Qur’an dan dokumentasi. Kegiatan dalam analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas triagulasi sumber dan triagulasi teknik.
Kesimpulan yang didapatkan oleh peneliti yaitu peran guru tim pembimbing di MTs Al Mujahidin 1 Samarinda tersebut meliputi, guru berperan sebagai pembimbing, guru berperan sebagai penasehat dan guru berperan sebagai evaluator. Guru berperan sebagai pembimbing adalah bertugas mengarahkan dalam pembimbingan membaca Al-Qur’an. Sedangkan guru berperan sebagai penasehat adalah guru yang selalu memberikan motivasi serta selalu mengingatkan belajar membaca AlQur’an dirumah. Dan guru berperan sebagai evaluator adalah guru yang selalu melakukan evaluasi untuk melihat tingkat keberhasilan peserta didik serta mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan.