Pengaruh Penggunaan Model Team Games Tournament (TGT) Terhadap Sikap Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Labbaika Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Siti Zharifah, 2022. “Pengaruh Penggunaan Model Team Games Tournament (TGT) Terhadap Sikap Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Labbaika Samarinda”, Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. Ahmad Riyadi, S.S, M.Hum sebagai pembimbing I dan Ibu Rumainur, M.Pd.I sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh terdapat beberapa sikap belajar siswa yang kurang baik pada saat pembelajaran diantaranya minimnya perhatian dan konsentrasi peserta didik ketika pendidik menerangkan serta enggan untuk mencatat terutama ketika pelajaran Akidah Akhlak yang seharusnya mencerminkan sikap yang baik. Salah satu faktornya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Oleh karena itu, perlu dikembangkan model pembelajaran yang ada, agar peserta didik bersikap baik dalam proses pembelajaran. Model TGT mampu membangkitkan semangat ketika belajar dan memudahkan seorang pendidik dalam menyampaikan teori. Model ini memiliki kelebihan menghidupkan kepedulian antar sesama sehingga menumbuhkan sikap belajar peserta didik yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap sikap belajar pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Labbaika Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan ialah quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 213 siswa. Sampel dalam penelitian ini ialah kelas VIII F sebagai kelas kontrol dan VIII E sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Sebelum instrumen angket digunakan dilakukan teknik keabsahan data yaitu uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data pada penelitian ini analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan aplikasi SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukkan perolehan perhitungan skor rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 107.79 sedangkan kelompok kontrol sebesar 97.96. Kemudian hasil analisis yang menggunakan Uji t yaitu independent sample t-test memperoleh nilai thitung adalah 2.941, ttabel adalah 2.00172 (df ke 58). Ini berarti thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel) dapat dinyatakan bahwa Ha diterima. Dengan demikian penggunaan metode team games tournament berpengaruh signifikan terhadap sikap belajar pada mata pelajaran akidah akhlak.