dc.description.abstract | ABSTRAK
Fitria Rukmana, 2019. Minat Siswa Mengikuti Tadarus Alquran di MTs Labbaika Samarinda. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Khojir, M.SI dan Ibu Hj. Dwi Nur’aini Dahlan, M.Pd.
MTs Labbaika Samarinda sebagai salah satu lembaga pendidikan dibawah naungan yayasan menekankan pentingnya penyampaian materi pelajaran yang disertai praktek misalnya materi tentang kemuliaan Alquran dengan begitu mereka akan mengerti bahwa dengan membaca Alquran akan menghasilkan dampak positif bagi dirinya. Kegiatan tadarus Alquran menjadi kegiatan yang wajib dilakukan sebelum pembelajaran dimulai sebagai sarana latihan untuk menjalankan anjuran Allah Swt. Kegiatan tadarus Alquran rutin dilakukan oleh pihak sekolah MTs Labbaika. Pelaksanaan tadarus Alquran ini melibatkan semua siswa dan guru-guru terutama guru yang mengajar pada jam pertama. MTs Labbaika Samarinda adalah salah satu dari sekolah yang berupaya meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam, terutama dalam bidang Alquran, yaitu dengan cara menerapkan peraturan, sebelum dimulainya proses belajar mengajar siswa diwajibkan membaca Alquran terlebih dahulu, yang bertujuan agar siswa terbiasa membaca Alquran di setiap waktu. Tetapi, setelah diadakannya kegiatan tersebut masih ada siswa yang minat membaca Alquran belum terlihat, hal tersebut dapat dilihat masih ada siswa yang tidak serius membaca Alquran dan ketika waktu senggang tidak didapati siswa yang membaca Alquran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh seberapa besar minat siswa dalam mengikuti tadarus Alquran di MTs Labbaika Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII. Sampel dalam penelitian berjumlah 78 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Dalam hal ini, data dianalisis dengan statistik deskriptif dengan menggunakan skala likert, rumus mean dan standar deviasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda mengikuti tadarus Alquran secara keseluruhan berada pada kategori “sedang” dengan nilai rata-rata sebesar 93,71.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka penulis merekomendasikan bahwa masih perlu adanya peningkatan minat dari dalam diri siswa dan peningkatan pengawasan, perhatian dari orang tua dan guru dalam pelaksanaa tadarus Alquran agar minat siswa semakin meningkat. | en_US |