Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Al Muna Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Gustia Ayu Febrina, 2019. Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Al Muna Samarinda. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Islam. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Pembimbing I adalah Dr. H. Akhmad Bukhari, M. Ag, dan Pembimbing II adalah Marniati Kadir, M.PdI.
Sebelum digunakan strategi pembelajaran Index Card Match proses pembelajaran hanya bersifat satu arah atau hanya Guru yang aktif menyampaikan materi sedangkan siswa hanya menjadi pendengar dan pencatat saja. Hal ini yang membuat siswa merasa jenuh dan bosan serta mengantuk ketika dijelaskan materi pembelajaran oleh Guru di kelas. Untuk itu diperlukan cara atau strategi mengajar lain yang dapat memberikan feedback bagi peserta didik. Strategi yang digunakan oleh Guru pada mata pelajaran Fiqih agar kegiatan pembelajaran dapat lebih menarik untuk diikuti ialah dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match. Dimana strategi pembelajaran Index Card Match tersebut bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan membuat siswa lebih aktif dan interaktif dalam proses pembelajaran fiqih, selain membuat siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran strategi pembelajaran Index Card Match juga bertujuan untuk mengukur daya ingat siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berpengaruh strategi pembelajaran Index Card Match terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al Muna Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, yang berlokasi di Madrasah Tsanawiyah Al Muna Samarinda. Adapun yang menjadi populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/I kelas IX yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 35 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data yang telah peneliti lakukan, diperolah hasil rxy =0,4256 dengan interpretasinya berada diatara 0,40 – 0,599 yaitu “Pengaruhnya cukup atau sedang” dan t hit= 2,71207 yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran Index Card Match dengan keaktifan siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Al Muna Samarinda. Maka peneliti menyimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran Index Card Match terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Fiqih dengan tingkat pengaruhnya cukup atau sedang, dan besar pengaruh dari koefisien penentu (KP) sebesar 18,11%. yang diartikan bahwa besarnya sumbangan variabel strategi pembelajaran Index Card Match terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran fiqih hanya sebesar 18,11%, sedangkan sisanya 81,89% adalah sumbangan dari variabel lain diluar variabel strategi pembelajaran Index Card Match.