Peran Konselor Dalam Mengatasi PerilakuAgresif Siswa SMP Negeri 1 Muara Badak
Abstract
ABSTRAK
Ervina Wulan Dari, 2022. “Peran Konselor Dalam Mengatasi Perilaku Agresif Siswa SMP Negeri 1 Muara Badak”. Skripsi, Jurusan Pemberdayaan Mayarakat, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Dr. Sitti Syahar Inayah, M.Si dan bapak Randi Muhammad Gumilang, M.Pd.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran konselor dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di lingkungan sekolah mengenai perilaku agresif yang dimunculkan oleh siswa SMP Negeri 1 Muara Badak.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatanan fenomenologi, dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan ialah data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles, Hubberman, dan Saldana yang terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut yaitu data collection, data condensation, data display, drawing and verifying conlusions.
Latar belakang dari permasalahan ini ialah perilaku agresif yangdimaksudkan untuk menindas orang lain baik secara fisik ataupun secara verbal. Agresif yang dimunculkan oleh siswa akan menghambat perkembangan karakteristik siswa. Perilaku agresif yang dilakukan oleh siswa di lingkungan masyarakat akan membawa dampak buruk bagi sekolah, sekolah akan dianggap sebagai wadah pendidikan yang gagal jika siswanya menimbulkan agresif di lingkungan masyarakat. Siswa yang berperilaku agresif kerap kali memunculkan emosi yangtidak stabil sehingga mudah menyerang oarng lain baik secara fisik ataupun secaraverbal. Siswa laki-laki lebih cenderung melakukan agresi fisik, sedangkan siswa perempuan lebih cenderung melakukan agresi verbal.
Hasil yang diperoleh dari penelitan ini ialah peran konselor dalam mengatasi perilaku agresif yaitu dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dan konseling individu dan diberi hukuman membersihkan lingkungan sekolah dan menghafal surah-surah yang ada didalam Al-Qur’an seperti Al- waqiah, Al-Mulk, As-Saaf dan lain sebagainya