Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Terhadap Pemahaman Belajar Siwa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs At-Taqwa Harapan Baru
Abstract
ABSTRAK
Syaidatti Fatimah, 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Terhadap Pemahaman Belajar Siwa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs At-Taqwa Harapan Baru”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag selaku pembimbing I dan Bapak Agus Setiawan, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh peserta didik guna mengembangkan pengetahuan yang tidak terlepas dari ilmu teknologi dan perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring disekolah muncul beberapa permasalahan. Diantaranya kurangnya pemahaman belajar siswa, disebabkan penggunaan media pembelajaran serta pemberian materi pembelajaran yang tidak menarik bagi siswa. Maka solusi yang dapat digunakan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat salah satunya media pembelajaran berbasis e-learning.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa MTs At-Taqwa Harapan Baru yang berjumlah 195 siswa dan sampel berjumlah 56 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kolerasi product moment, uji T (uji hipotesis), dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian pada uji normalitas dengan sig 5% didapatkan skor 0,200 dan uji homogenitas dengan taraf sig 5% didapatkan skor 0,264 sehingga disimpulkan data tersebut berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis data, diperoleh kolerasi antara penggunaan media pembelajaran bebasis e-learning terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran fiqih sebesar 0,653 dengan kategori “kuat”. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung sebesar 3,936 sedangkan nilai ttabel 1,673 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian berdasarkan hasil uji koefisien determinasi penggunaan media pembelajaran berbasis elearning 42,6% mempengaruhi pemahaman belajar siswa dan 57,4% di pengaruhi variabel luar lainnya. Berdasarkan keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan kategori “kuat” antara penggunaan media pembelajaran berbasis e-learning terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs At-Taqwa Harapan Baru.