dc.description.abstract | ABSTRAK
Witono, 2022. “Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Yayasan Pupuk Kaltim Bontang”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian Ini dibimbing oleh Dr. Hj. Ida Suryani Wijaya, M.Si sebagai pembimbing I dan Dr. Siti Julaiha, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran di sekolah mempunyai kewenangan serta tanggung jawab bukan hanya pada pihak sekolah, melainkan peran dari komite juga menjadi sesuatu yang fundamental dalam peningkatan mutu pendidikan. Beberapa kelebihan yang terdapat pada lingkup sekolah yakni adanya program maupun kegiatan yang telah berjalan, maka adanya rasa kepercayaan yang tinggi pada benak masyarakat kususnya kota Bontang, dengan banyaknya prestasi yang diperoleh sehingga minat dari masyarakat untuk menitipkan anak-anaknya di sekolah tesebut sangatlah besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran komite sekolah di Sekolah MenengahAtas Yayasan Pupuk Kaltim Bontang dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Atas Yayasan Pupuk Kaltim Bontang.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis data interaktif Milles, Hubberman dan Saldana 2014 (Pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Peran komite sekolah di Sekolah Menengah Atas Yayasan Pupuk Kaltim Bontang menerapkan adanya komite sekolah berperan sebagai pemberi pertimbangan dalam setiap permasalahan yang dihadapi oleh sekolah, komite sekolah berperan sebagai pendukung setiap program untuk meningkatkan mutu pendidikan, komite sekolah berperan sebagai pengontrol kegiatan sekolah, komite sekolah jugaberperan sebagai Mediator. Kedua, Faktor pendukung pemilihan komite sekolah dilakukan secara musyawarah kekeluargaan yang bekerjasama antara komite dankepala sekolah yang lebih mudah dukungan yang kuat dari masyarakat serta faktor yang mejadi penghambat komite sekolah dalam meningkatkan mutupendidikan di SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang ialah minimnya pengetahuan tentang tugas dan fungsi komite sekolah dan kurangnya independensi dan profesionalitas komite sekolah serta waktu yang minimuntukkoordinasi antara pihak sekolah dengan komite sekolah. | en_US |