Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 15 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Riyo Edi Suciptoh, 2021. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 15 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Drs. Darwis, M.SI dan Ibu Sri Susmiyati, M.Pd.I.
Penelitian ini dilakukan berdasarkaan fenomena yang penulis jumpai umumnya di negara kita yaitu Indonesia, beberapa tahun belakangan sering kita jumpai konflik yang terjadi karena latar perbedaan Agama, suku ataupun budaya. Pendidikan multikultural yang memiliki esensi untuk mengedukasi tentang bagaimana kita memahami dan menerima keanekaragaman sebagai suatu keniscayaan atau bagian dari eksistensi manusia, oleh hal ini dirasa tepat ketika nilai-nilai pendidikan multicultural ditanamkan pada setiap mata pelajaran, termasuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang merupakan sendi pokok pengetahuan yang membentuk kepribadian seseorang. SMP Negeri 15 Samarinda merupakan sekolah yang kondisi sosial masyarakatnya begitu majemuk baik dari latar perbedaan Agama, suku dan budaya. Namun dalam realita kesehariannya tidak pernah dijumpai konflik yang terjadi khususnya oleh siswa itu sendiri karena perbedaan yang ada. Hal ini lah yang membuat penulis ingin meneliti bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural disekolah tersebut dan bagaimana hasil dari penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural terhadap siswa di SMP Negeri 15 Samarinda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Kepala SMP Negeri 15 Samarinda, Guru PAI dan siswa SMP Negeri Samarinda 15 Samarinda yang beragama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan terhadap data hasil penelitian dengan kredibilitas dan juga menggunakan triangulasi teknik
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural saat proses pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam memakai metode ceramah, metode Tanya jawab, metode diskusi, metode pembiasaan dan metode keteladanan. Hasil penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural terhadap siswa yaitu munculnya sikap toleran, saling menghormati, saling bekerja sama, tidak memandang rendah orang lain (kesetaraan), cinta negara (nasionalisme) dan tidak bermusuhan satu sama lain