Show simple item record

dc.contributor.authorErawati, Dini
dc.date.accessioned2020-03-19T07:23:52Z
dc.date.available2020-03-19T07:23:52Z
dc.date.issued2019-11-02
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/188
dc.description.abstractABSTRAK Dini Erawati, 2019. “Hubungan kompetensi leadership guru pendidikan agama islam dengan sikap sosial siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. M. Said Husin, MA. selaku pembimbing I dan Ibu Arsinah, S.Ag M,SI. selaku pembimbing II. Pendidikan bertujuan untuk memberi perubahan kepada siswa dalam beberapa bidang seperti pengetahuan pemahaman dan perubahan-perubahan sikap yang tentunya mengarah pada hal positif atau yang lebih baik. Begitu pula pada sikap saling menghormati siswa. seorang guru pendidikan agama islam harus dapat menjadi panutan bagi siswanya jadi guru pendidikan agama islam seharusnya memiliki kompetensi leadership agar dapat menjadi guru yang dapat ditiru siswanya karena guru agama islam tidak hanya mengajar saja tetapi juga harus dapat menanamkan sikap saling menghormati sesama pemeluk agama islam dan menghormati siswa pemeluk agama lain Maka dari itu tujuan peneliti dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kompetensi leadership guru pai dengan sikap saling menghormati siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kuantitatif (field research). yang menjadi populasi dalam penelitian ini seluruh siswa di SMA Negeri 7 Samarinda yang berjumlah 767 siswa. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 orang siswa kelas XI IPA 1 dan data dikumpulkan menggunakan observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. untuk mengetahui keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan perhitungan kolerasi produk momen dengan nilai signifikan 0,01 < 0,05, sehingga diperoleh nilai koefisien kolerasi (r) = 0, 855 dengan tingkat hubungan yang sangat kuat. Besar hubungan koefisien penentu (KP) = 73,24% yang berarti hubungan kompetensi leadership guru PAI dengan sikap saling menghormati siswa di SMA Negeri 7 Samarinda sebesar 73,24% dan 27,76% sehingga masih ada variabel-variabel lain yang ikut serta berhubungan. Pembuktian dilakukan dengan menggunakan perhitungan uji t dengan nilai thitung = 9,647 dan nilai ttabel 2,032 dilihat dari dalam tabel t pada taraf signifikan 0,05% dan tingkat derajat kebebasan (db) = n -2 =36 -2 =34, maka nilai ttabel = 2,032 sehingga thitung = 9,647 > ttabel 2,032, maka tolak Ho Dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh,maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat signifikan antara hubungan kompetensi leadership guru PAI dengan sikap saling menghormati siswa di SMA Negeri 7 Samarinda dengan hubungan sebesar 73,24% dan sisanya 27,76% berhubungan dengan variabel lain yang tidak diteliti dalam skripsi ini.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectHubungan kompetensi leadership guru pendidikan agama islam dengan sikap sosial siswaen_US
dc.titleHubungan kompetensi leadership guru pendidikan agama islam dengan sikap sosial siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record