Show simple item record

dc.contributor.authorKastini, Dahlia Fitri
dc.date.accessioned2022-10-24T02:27:23Z
dc.date.available2022-10-24T02:27:23Z
dc.date.issued2021-07-05
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1899
dc.description.abstractABSTRAK Dahlia Fitri Kastini, 2021. “Pengaruh Metode Pemberian Tugas Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri 027 Tenggarong Seberang”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Islam. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Pembimbing I oleh bapak Muhammad Iwan Abdi, M. SI, dan Pembimbing II ibu Sunanik, M. Pd. I. Latar belakang penelitian ini adalah banyak sekali siswa yang cenderung pasif ketika proses pembelajaran berlangsung, dan bahkan hanya segelintir dari siswa saja yang aktif selama proses pembelajaran, terlebih pada system pembelajaran online. Hal ini membuat guru tidak mudah untuk dapat menyampaikan materi kepada siswa. Maka dari itu salah satu metode dianggap tepat dalam mengatasi masalah tersebut yakni dengan memilih metode pemberian tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pemberian tugas terhadap keaktifan belajar mata pelajaran PAI siswa kelas V SD Negeri 027 Tenggarong Seberang. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa Sekolah Dasar Negeri 027 Tenggarong Seberang berjumlah 310 siswa. Penetapan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga sampel ditetapkan pada siswa kelas V sebanyak 52 siswa, namun karena penelitian terfokus pada mata pelajaran PAI sehingga populasi menjadi sebanyak 40 siswa yang beragama Islam. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yakni analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh hasil rxy= 0,4247 dengan interpretasi berada diantara 0,40 – 0,599 yang berarti pengaruh metode pemberian tugas terhadap keaktifan belajar siswa memiliki pengaruh “cukup”, dan metode pemberian tugas terhadap keaktifan belajar siswa mata pelajaran PAI memiliki pengaruhyang cukup signifikan, hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung=2,96352 ≥ ttabel= 1,68595. Kemudian pengaruh metode pemberian tugas terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 18,04%.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectPengaruh, Metode, Pemberian Tugas, Peningkatan, Keaktifan, Belajar Siswaen_US
dc.titlePengaruh Metode Pemberian Tugas Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri 027 Tenggarong Seberangen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record